PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN PAGAR BESI STUDI KASUS PADA CV. ZAHRA PRATAMA

Ema Fatimah, LCA. Robin Jonathan, Adi Suroso

Abstract


Latar belakang yang dikemukakan adalah peranan akuntansi sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dan keuangan dalam perusahaan. Besarnya harga pokok pesanan dari produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, sangatlah penting artinya bagi pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan, karena harga pokok pesanan tersebut merupakan salah satu dasar bagi penetapan harga jual.

Tujuan penelitian untuk menghitung harga pokok produksi per pesanan secara tepat sesuai dengan perhitungan akuntansi dan manfaat penelitian ini sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi CV. Zahra Pratama dalam melakukan perhitungan harga pokok produksi per pesanan dan  sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan strategi, menetapkan harga jual dan kualitas atas produk yang dihasilkan. Permasalahan yang dikemuka kan adalah apakah harga pokok produksi per pesanan Pagar Besi pada CV. Zahra Pratama sudah sesuai dengan perhitungan  menggunakan metode full costing.

Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Akuntansi, Akuntansi Biaya. Hipotesis dalam penelitian perhitungan harga pokok produksi per pesanan pagar menggunakan metode full costing lebih besar daripada harga pokok produksi per pesanan yang ditetapkan oleh “CV. Zahra Pratama. Alat analisis yang dipergunakan adalah Penentuan Harga Pokok Pesanan dengan metode Full Costing.

Hasil Penelitian diketahui bahwa dengan metode full costing untuk pagar besi sebesar Rp. 2.304.960. Jika dibandingkan dengan perhitungan menurut CV. Zahra Pratama untuk pagar besi sebesar Rp. 2.270.000,-. hasil penelitian menunjukkan harga pokok produksi pesanan Pagar Besi berdasarkan metode full costing lebih besar dibandingkan perhitungan harga pokok pesanan pagar besi pada CV. Zahra Pratama.

Full Text:

Untitled

References


Anonim, 2007, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Cetakan Pertama, Yogyakarta.

Hansen dan Mowen. 2003, Cost Management: Accounting and Control, 4 th edition, Ohio: Thomson South-Western..

Harahap, Sofyan Syafri, 2007, Akuntansi Aktiva Tetap, Edisi 1, Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Jusup, Al. Haryono, 2003, Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid Pertama, Cetakan Kedua, YKPN, Yogyakarta.

Kartadinata, Abas, 2000, Akuntansi Dan Analisis Biaya : Suatu Pendekatan Terhadap Tingkah Laku Biaya, Edisi Yang Diperbaharui, Cetakan Ketiga, Rineka Cipta, Jakarta.

Matz. Adolph. Milton F. Usry and Lawrence. H. Hammer. 2000. Cost Accounting Planning and Control. Eleventh Edition. Cincinati. Ohio South Western Publishing Co.

Mulyadi, 2005, Akuntansi Biaya, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

, 2006, Dasar-Dasar Akuntansi, Cetakan Ketiga, Bumi Aksara, Jakarta.

Simamora, Henry, 2002, Akuntansi Manajemen, Cetakan Pertama, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Tunggal, Amin Widjaja, 2000, Dasar-Dasar Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama, Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i2.1210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.