KINERJA KEUANGAN DAN HARGA SAHAM PT ASTRA AGRO LESTARI Tbk.

Indra Agus Lukariyanto, Elfreda A. La, Iman Nazarudin Latief

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada PT Astra Agro Lestari Tbk periode 2008-2014.  Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : “Apakah terdapat pengaruh signifikan ROE terhadap harga saham?, apakah terdapat pengaruh signifikan DER terhadap harga saham?, apakah terdapat pengaruh signifikan EPS terhadap harga saham?, apakah terdapat pengaruh signifikan PER terhadap harga saham?, dan apakah terdapat pengaruh signifikan ROE, DER, EPS dan PER secara simultan terhadap harga saham?”

Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen keuangan, khususnya pada kinerja keuangan dan harga saham.  Hipotesis pada penelitian ini yaitu : “ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham, DER berpengaruh signifikan terhadap harga saham, EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham, PER berpengaruh signifikan terhadap harga saham, ROE, DER, EPS, PER secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham”.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.  Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel ROE berpengaruh tidak signifikan positif terhadap harga saham, DER berpengaruh tidak signifikan positif terhadap harga saham, EPS berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham, dan PER  berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan (uji F) ROE, DER, EPS dan PER secara bersama-sama berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham.

Keywords


Kinerja Keuangan dan Harga Saham.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan, Panduan bagi Akademis, Manajer, dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Bandung : Alfabeta.

Husnan, Suad Dan Enny Pudjiastuti. 2006. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. UPP STIM YKPN. Yogyakarta

Martono dan Harjito 2007, Manajemen Keuangan, Yogyakarta: Ekonisia.

Munawir, S. 2007. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan Keempatbelas. Liberty. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/je.v4i3.1339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.