FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA ( Konsumen Sepeda Motor Yamaha Jupiter Mx Di Muara Jawa)

Yuli Hernawati, LCA. Robin Jonathan, Titin Ruliana

Abstract


Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang. Salah satunya adalah persaingan bisnis yang semakin ketat yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen di dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Persaingan yang semakin ketat terjadi di dalam dunia otomotif khususnya produk sepeda motor karena produk ini merupakan alat transportasi darat yang paling dominan banyak dimiliki dan dibutuhkan oleh masyarakat.Jangkauan penelitian dalam pertimbangan konsumen membeli sepeda motor yamaha type Jupiter Mx yang mencakup produk, harga, promosi dan distribusi pada konsumen yang menggunakan sepeda motor merk yamaha type Jupiter Mx. Konsumen disini adalah mereka yang tinggal di Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran yang terdiri dari 4 ( empat ) variable tersebut secara bersama – sama terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor type Jupiter Mx di Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara,Rumusan masalah adalah Apakah Faktor Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Berpengaruh Signifikan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha Type Jupiter Mx di Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hasil penelitian ini memperoleh koefisien determinasi dari persamaan regresi yang menunjukkan bahwa produk, harga, distribusi, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli (Y) sepeda motor Yamaha type Jupiter Mx oleh konsumennya di Kecamatan Muara Jawa kabupaten Kutai Kartanegara. Selanjutnya temuan penelitian membuktikan bahwa variabel produk dominan berpengaruh terhadap keputusan membeli sepeda motor yamaha type Jupiter Mx di Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara.

Temuan- temuan tersebut membuat hipotesis diterima.


Keywords


Strategi Pemasaran dan Keputusan membeli

References


Dharmesta, Basu Swastha, 2004, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Engel, James F, et al. 2004, perilaku konsumen , jilid I. Jakarta : Binarupa, Akasara

Kotler, phillip. 2000, Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta; PT. Indeks Kelompok Gramedia

Winardi, 2002, Pemasaran, edisi pertama, Alumni, Bandung

Wirawan, R.S, 2011, Perbandingan penjualan motor Antara motor Yamaha, dengan motor Suzuki dan motor Honda. Penerbit Fakultas Teknik Industri, Universitas Indonesia, Depok, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v4i3.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.