PENGARUH BERAS MISKIN (RASKIN) TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KONSUMEN RASKIN DI KELURAHAN MUARA KEMBANG

SALMIAH,Robin Jonathan,Titin Ruliana SALMIAH,Robin Jonathan,Titin Ruliana SALMIAH,Robin Jonathan,Titin Ruliana

Abstract


Kelurahan Muara Kembang sebagai penyalur beras miskin merupakan  kebutuhan utama masyarakat, demikian juga untuk pendistribusiannya memerlukan pelayanan aparat kelurahan yang bijaksana. Permasalahannya adalah apakah terdapat perbedaan masyarakat konsumen Raskin ( R1 & R2 ) terhadap tingkat kesejahteraan di Kelurahan Muara Kembang.

           Teori yang digunakan oleh penelitian ini adalah Manajemen sumber daya manusia.Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu pengakuan terhadap pentingnya sumber daya manusia atau tenaga kerja dalam organisasi dan pemanfaatannya dalam berbagai fungsi serta kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi.

           Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini Uji Chi-Square (Uji Kai Kuadrat) tujuannya untuk menguji perbedaan proporsi ntara dua atau lebih kelompok yang menggunakan dua variabel, dimana skala data kedua variabel adalah nominal atau menguji perbedaan dua atau lebih proporsi sampel.

            Berdasarkan hasil perhitungan maka di peroleh hasil  Nilai Chi-Square hitung=2,1194 sedangkan Nilai Chi-Square tabel dengan derajat kepercayaan 95%=15,507 berarti Chi-Square hitung lebih kecil daripada Chi-Square tabel,hal ini berarti tidak ada perbedaan kelompok penerima Raskin (R1), dengan bukan penerima Raskin (R2).

           Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan Kesejahteraan Masyarakat Penerima Raskin (R1) dan masyarakat bukan penerima Raskin (R2) di kelurahan Muara Kembang.

            Frekuensi distribusi dari masyarakat konsumen atau kelompok R1, dan R2 terhadap kualitas pelayanan pegawai kelurahan. 3 responden atau 7,5% menyatakan bahwa pelayanan  pegawai kelurahan adalah sangat baik, 8 responden atau 20% menyatakan baik, 16 responden atau 40% menyatakan sedang, 10 responden atau 25% menyatakan buruk, 3 responden atau 7,5% menyatakan buruk sekali.

Dengan demikian,hipotesis yang menyatakan tidak ada  perbedaan masyarakat  konsumen Raskin terhadap kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Muara Kembang,Diterima. masyarakat konsumen terhadap variabel, pelayanan aparat kelurahan, penilaian harga raskin, tingkat kepuasan konsumen, dan tingkat kesejahteraan tidak ada perbedaan antara kelompok konsumen penerima Raskin ( R1), dan kelompok konsumen bukan penerima Raskin ( R2)


Keywords


Kesejahteraan Masyarakat

References


Hany, T. Handoko ,2005, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta

Minangjaya, 2002, Manajemen Prilaku Organisasi, PT. Gunung Agung, Jakarta

Soeyono, (2007), Manajemen Otonomi Daerah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Tulus Moh. Agus, 2004, Prilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i3.1505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.