KONTRIBUSI FAKTOR PAD PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN KUTAI BARAT

Ruslina .

Abstract


ABSTRAKSI

        Salah satu tujuan pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi  fiskal adalah untuk meningkatkan kemandirian daerah dan mengurangi ketergantungan fiskal terhadap pemerintah pusat. Peningkatan kemandirian daerah sangat erat kaitannya dengan kemampuan daerah dalam mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD). Semakin tinggi kemampuan daerah dalam menghasilkan PAD, maka semakin besar pula diskresi daerah untuk menggunakan PAD tersebut sesuai dengan aspirasi, kebutuhan, dan prioritas pembangunan daerah.

Tujuan peneliatian adalah untuk mengetahui kontribusi pajak daerah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kutai Barat. Untuk mengetahui kontribusi retribusi daerah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kutai Barat. Untuk mengetahui kontribusi pengelolaan kekayaan daerah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kutai Barat. Untuk mengetahui kontribusi lain-lain PAD yang sah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kutai Barat.

Hasil perhitungan kontribusi margin di peroleh kesimpulan bahwa lain – lain PAD yang sah memiliki kontribusi terbesar dan berkontribusi secara signifikan. Persamaan regresi menyimpulkan apabila terjadi kenaikan pada variabel independen (X) yang terdiri dari variabel pajak daerah (X1), retribusi daerah (X2), pengelolaan kekayaan daerah (X3) dan lain – lain PAD yang sah (X4) akan menyebabkan kenaikan pada variabel dependen (Y) atau pendapatan asli daerah (PAD).


Full Text:

PDF DOC


DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v1i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.