PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK KPC SANGATTA

Reni Puji Lestari, H. Eddy Soegiarto K., Adi Suroso

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui pengaruh motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta.

Populasi penelitian ini adalah semua karyawan PT. Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta bagian operator HD785_OB berjumlah 885 orang dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden. Nilai R korelasi sebesar 0,710 menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara motivasi (variabel bebas) dengan produktivitas kerja karyawan (variabel terikat). Dengan demikian variabel motivasi dapat digunakan sebagai prediktor terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta.

F hitung sebesar 88,671 dengan taraf signifikasi 0.000 (sig ἀ< = 0,05) maka F hitung > F tabel 3,95. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel bebas motivasi  berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat produktivitas kerja karyawan pada PT. Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh antara motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta, diterima.

Variabel motivasi mempunyai pengaruh dominan, hal ini dibuktikan nilai t hitung variabel motivasi sebesar 9,41. Ini berarti hipotesis kedua yang menyatakan tidak ada pengaruh antara motivasi dengan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Pamapersada Nusantara Distrik KPC Sangatta, ditolak.

Keywords


Motivasi dan Produktivitas Kerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


Daft, Richard L.2003. Manajemen. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Flippo, Edwin B, 2002. Personel Management (Manajemen Personalia), Edisi VII Jilid II, Terjemahan Alponso S, Erlangga, Jakarta.

Siagian, Sondang P. 002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

__________________, 2005. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Rineka Cipta ,Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

_________, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i3.1578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.