ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA SEWA GUNA USAHA (LEASING) DAN HUTANG BANK ATAS PENGADAAN SEPEDA MOTOR PADA CV PUTRA BEKUMPAI DI SAMARINDA

Cyntia Febrianty, Titin Ruliana, Rina masithoh

Abstract


Indonesia terus berusaha membenahi diri melalui pembangunan disegala bidang termasuk fasilitas-fasilitas umum. Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatannya akan selalu dihadapkan pada berbagai persoalan yang berkaitan erat dengan masalah dana

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hutang bank lebih menguntungkan dari pada sewa guna usaha (leasing) untuk pengadaan 5 sepeda motor merek honda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hutang bank dan sewa guna usaha (leasing) untuk pengadaan 5 sepeda motor merek honda. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Akuntansi Keuangan, Bank, Kredit, Teori Leasing, Pembiayaan Leasing, Peranan dan Manfaat Leasing, Kuntungan dan Kerugian Sewa Guna (Leasing), Pengertian Investasi, Analisis Kriteria Investasi,Nilai waktu uang, Perbandingan antara leasing dan Hutang bank.

    Hipotesis hutang bank lebih menguntungkan daripada sewa guna usaha (leasing) untuk pengadaan 5 sepeda motor merek honda.Alat analisis yang digunakan adalah Present Value yaitu melihat arus kas keluar setelah pajak. Present Value meliputi pembayaran angsuran yang dilakukan oleh CV PUTRA BEKUMPAI di samarinda dalam pembelian yang dilakukan antara sewa guna usaha (leasing) dan hutang bank. Berdasarkan hasil penelitian Present Value dari kedua alternative tersebut,hipotesis yang diajukan penulis diterima, karena alternatif hutang bank lebih menguntungkan dibandingkan sewa guna usaha (leasing).


Keywords


Leasing,hutang bank

Full Text:

PDF

References


Anwari,Achmad, 2004, Leasing Di Indonesia,cetakan Pertama, Ghalia indonesia,Jakarta.

Freddy, Rangkuti, 2000, Business Plan teknik membuat perencanaan bisnis dan analisis kasus, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kasmir, 2002, Dasar-dasar Perbankan, PT.Raja Grafindo Persada, jakarta.

, 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Malayu S.P.Hasibuan,2006, Dasar-Dasar Perbankan,PTBumi Aksara,Jakarta

Mishkin, Frederic, 2008, Ekonomi uang, Perbankan dan pasar keuangan, Cetakan pertama, Edisi delapan, Penerbit Salemba empat, Jakarta.

Napa. J. Awat.(2002), Manajemen KeuanganPendekatanSistematis,Gramedia,Jakarta

Noor, henry faisal, 2009, Investasi pengelolaan keuangan bisnis dan pengembanganekonomimasyarakat, Cetakan satu, Penerbit PT Indeks, Jakarta.

Sugiono Arief, 2009, Manajemen Keuangan untuk Praktisi Keuangan, PT. Grasindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i3.1594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.