PENGUKURAN KINERJA PADA KOPERASI SEMOGA JAYA UNIT SIMPAN PINJAM DI TENGGARONG

Ainun Jariah1, Titin Ruliana2, Suyatin3

Abstract


Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui dan menganalisis kinerja Koperasi Semoga Jaya Unit Simpan Pinjam yang ditinjau dari empat perspektif balanced scorecard. Alat analisis yang digunakan untuk pengukuran kinerja yaitu ditinjau dari  empat perspektif balanced scorecard yaitu  perspektif keuangan menggunakan ukuran ROE, ROA perspektif pelanggan menggunakan ukuran customer retention, customer acquisition  perspektif proses bisnis internal menggunakan ukuran  service error rate serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan ukuran  produktivitas karyawan. Kinerja Koperasi Semoga Jaya Unit Simpan Pinjam tahun 2014 secara keseluruhan dapat dikatakan kurang baik dari pada tahun 2013 karena dilihat dari ukuran-ukuran pada empat perspektif balanced scorecard kinerjanya  masing-masing mengalami penurunan dan rata-rata skor yang diperoleh yaitu -1. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kinerja Koperasi Semoga Jaya Unit Simpan Pinjam tahun 2014  kurang baik dari pada tahun 2013


Keywords


kinerja, koperasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamaruddin. 2000. Akuntansi Manajemen; Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Raja Grafindo.

Kaplan, Robert S. & Norton, David 2000.BalancedScorecard:Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Keuangan Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. (edisi ke-2). Jakarta: Salemba Empat.

______. 2014. SistemTerpaduPengelolanKinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. cetakan ketiga. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Yuwono Sony, Edy Sukamo, dan MuhammadIchsan.2002.Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard, cetakan pertama. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31293/je.v4i3.1612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.