MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SEKOLAQ DARAT KABUPATEN KUTAI BARAT

rinaRibka Evi Natalia Sari, LCA. Robin Jonathan Adi Suroso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan atau tidak terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sekolaq Darat.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sekolaq Darat.

Dasar teori yang digunakan adalah teori Manajemen Sumber Daya Manusia. 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang berjumlah 65 orang. Sampel ditentukan dengan teknik sensus ( semua populasi dijadikan sampel ) teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan alat uji hipotesis dengan uji F dan uji t, alat bantu program aplikasi SPSS versi 16 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 2.187  +0,393X1+0,174X2   dengan menggunakan SPSS 16 Hasil Hipotesis uji F menunjukkan F hitung = 19.018 dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis 3 yang berbunyi Motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sekolaq Darat diterima. Sedangkan dari uji Hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh t hitung dari variabel motivasi sebesar 4.693, t hitung variabel lingkungan kerja sebanyak 2.386 dimana signifikansi  lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis 1 yang berbunyi “motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sekolaq Darat”  dan hipotesis 2 “lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sekolaq Darat” diterima.

Diketahui pula bahwa variabel motivasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sekolaq Darat dengan variabel motivasi berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sekolaq Darat maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima

Keywords


Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Malayu S.P. Hasibuan 2001 Manajemen Sumber Daya Manusia edisi revisi, Bumi Aksara.

Dessler.Gary.Human Resource Management 2001, Alih bahasa Jakarta, Bumi Aksara

Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, Stephen, P. 2003. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga

Mangkunegara, Anwar P. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i1.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.