ANALISIS MARKET SHARE KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI SANGATTA
Abstract
RIFAI NL, Analisis Market Share Kendaraan Bermotor Roda Dua di Sangatta (di bawah bimbingan Ibu Theresia Melitina dan Ibu Titin Ruliana).
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui market share kendaraan bermotor roda dua dengan masing – masing merk.
Dasar Teori yang digunakan adalah Manajemen Pemasaran, Pangsa Pasar, segmentasi Pasar, Strategi bauran pemasaran, Strategi produk mix, Merek ( Brand ) dan Potensi pasar.
Populasi Sepuluh merek kendaraan bermotor roda dua ( data sekunder ) Sampel Yamaha memiliki pangsa pasar ( market share ) pada posisi pertama dalam urutan penjualan kendaraan bermotor roda dua yang ada di Sangatta.
Instrumen/ peralatan yang digunakan Analisis Market Share menurut Fredy Rangkuti.
Hasil penelitian Sepuluh merek kendaraan roda dua pada tahun 2013 yang dibandingkan memiliki pangsa pasar berbeda Yamaha sebesar 38,99 %, Honda sebesar 34,32%, Suzuki sebesar 21,35%, Kawasaki sebesar 2,63%, Beijing sebesar 0,72%, Jialing sebesar 0,47%, Hokaido sebesar 0,09%, KTM sebesar 0,12%, Kasea sebesar 1,03% dan Kymko sebesar 0,17%.
Pencapaian pangsa pasar kendaraan bermotor roda dua yang dominan adalah merek Yamaha pada tahun 2009 sebesar 36,93%, pada tahun 2010 sebesar 35,97%, tahun 2011 sebesar 36,51%, tahun 2012 sebesar 34,50% dan pada tahun 2013 sebesar 38,99% dari keseluruhannya jumlah kendaraan bermotor roda dua terjual meliputi merek Honda, Suzuki, Kawasaki, Beijing, Jialing, Hokaido, KTM, Kasea dan Kymco.
Kesimpulan bahwa Market Share kendaraan bermotor roda dua merek Yamaha lebih besar dari market share kendaraan roda dua merek Honda, Suzuki, Kawasaki, Beijing, Jialing, Hokaido, KTM, Kasea dan Kymco, sehingga Hipotesis diterima.
Keywords
References
Basu Swastha DH dan Ibnu Sukotjo W, Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta, 2001.
Basu Swastha DH dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2003.
Fredy Rangkuti, Riset Pemasaran, Cetakan Keempat, Sun Printing, Jakarta, 2001.
Geoff Lan Caster and Lester Massingham, Essential of Marketing, Second Edition, Mc Graww-Hill International, 2000
Indriyo Gitosudarmo, Manajemen Strategis, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, BPFE-Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2001.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan, Edisi Kedelapan, Jilid I, Erlangga, 2001.
, Manajemen Pemasaran , Edisi Bahasa Indonesia, Jilid II, 2000.
, Marketing Management, The Millenium Edition, 2000.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i1.1734
Refbacks
- There are currently no refbacks.