ANALISIS DEPRESIASI KENDARAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA DI SAMARINDA

Istiana, LCA. Robin Jonathan, Elfreda Aplonia Lau

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah perlakuan depresiasi kendaraan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma di Samarinda pada tahun 2014 sama dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 16 tahun 2014. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perlakuan depresiasi kendaraan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma di Samarinda berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 16. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah akuntansi keuangan, aktiva tetap, depresiasi, dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 16.

Hipotesis Perlakuan depresiasi kendaraan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma di Samarinda sama dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 16 tahun 2014. Alat analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah metode depresiasi garis lurus (straiht line method) menurut PSAK Nomor 16 tahun 2014 untuk mencari biaya depresiasi yang digunakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma di Samarinda dan juga menggunakan metode komperatif untuk membandingkan laporan keuangan menurut perusahaan dan laporan keuangan menurut PSAK Nomor 16 tahun 2014

Keywords


Depresiasi

Full Text:

PDF

References


Anonim, Ikatan Akuntan Indonesia, 2014, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta

Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, BPFE, Yogyakarta.

Djarwanto, 2004, Pokok - pokok Analisa Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh, FE Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Gade, Muhammad; Wasif, Said Khaerul, 2005, Akuntansi Keuangan Menengah 1, Edisi kedua, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

.Munawir, S, 2002, Analisa Laporan Keuangan Perusahaan, Edisi Keempat, Liberty, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i1.1745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.