ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI HANDPHONE MEREK NOKIA DI PT. DAYAT PHONE KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT

Oktavianus Nataliwan, Theresia Militina, Heryanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Dayat Phone Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh bauran pemasaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen membeli ponsel merk Nokia di PT. Dayat Phone Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat 2) Mengetahui manakah dari produk, harga, saluran distribus dan promosi yanag berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen membeli ponsel merk Nokia di PT. Dayat Phone Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. 

Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kuisioner (angket), dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik. Sampel pada penelitian ini yakni 100 orang pembeli ponsel merek Nokia yang ditentukan dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (simple random sampling). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dalam hal ini akan dibantu dengan menggunakan Program SPSS Versi 22 ( Statistical Program for Social Science).

 Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan maupun secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia pada PT. Dayat Phone Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Selain itu variabel saluran distribusi merupakan variabel berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia di PT. Dayat Phone Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.


Keywords


: Bauran Pemasaran, Nokia, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan, 2001, Manajemen Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Amirullah, 2002, Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Alma, H. Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta, Bandung.

, 2009, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Dharmesta, Basu Swastha, 2004, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2008, Manajemen Pemasaran, PT Refika Aditama, Bandung.

Hadi, Sutrisno, 2001, Analisis Regresi, Penerbit Andy, Yogyakarta.

Indriantoro, 2002, Statistik dan Matematika Ekonomi, Penertbit PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Kotler, Philip &Amstrong, Gary, 2001, Dasar-Dasar Pemasaran (Terjemahan oleh Alexander Sindoro), Penerbit PT Prenhalindo, Jakarta.

, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi ke-11, (Terjemahan oleh Benyamin Molan), PT Indeks-Gramedia, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2002, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan Ketiga, PT Refika Aditama, Bandung.

Rangkuti, Freddy, 2005, Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Umar, Husein, 2004, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiarto. K, Eddy, 2010, Pengantar Metode Penelitian Ilmiah, Samarinda




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i1.1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.