Analisis Pertumbuhan Laba Usaha dan Likuiditas Pada PT. Kayu Lapis Asli Murni Samarinda

Cornelia, CorneliRahmawati Simanjuntak, Rina Masithoh Haryadi

Abstract


Pertumbuhan Laba usaha menunjukkan seberapa besar keberhasilan yang diperoleh perusahaan dari menjalankan kegiatan usaha, menurut konsep kapital finansial, perubahan nilai aktiva dan hutang merupakan bagian dari laba. Hal ini dapat dikaitkan dengan tingkat likuiditas perusahaan. Likuiditas sangat penting bagi perusahaan agar tetap dapat beroperasi dengan baik dan tetap memperoleh kepercayaan dari berbagai pihak.

Pada penelitian ini diteliti tentang terdapat hubungan dan terdapat pengaruh antara pertumbuhan laba usaha dengan likuiditas dengan menggunakan alat analisis Korelasi dan Regresi. Dimana objek penelitian adalah PT. Kayu Lapis Asli Murni di Samarinda. Laporan keuangan yang menjadi objek penelitian adalah laporan keuangan periode 2012 sampai dengan 2014 berdasarkan laporan keuangan per bulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisa korelasi antara kedua variabel signifikannya dapat dilihat dari uji t pada hipotesis korelasi sederhana diperoleh bahwa  t hitung > t tabel (5,807 > 2,03452) dan analisa regresi antara kedua variabel signifikan dapat dilihat bahwa bahwa  t hitung > t tabel (4,540 > 2,03452) dengan regresi linier sederhana Ŷ = 155,476 + 0,840 X. Terdapat hubungan yang positif dan pengaruh yang signifikan antara pertumbuhan laba usaha dan likuiditas semakin tinggi pertumbuhan laba usaha maka tingkat likuiditas juga akan naik.


Keywords


Pertumbuhan laba usaha dan Likuiditas.

Full Text:

PDF

References


Kasmir, 2014, Manajemen Perbankan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Keown, J Arthur, dkk, 2001, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi kesatu, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

S.R,Soemarso. 2004, Akuntansi Suatu Pengantar. Buku Satu Edisi kelima. Salemba Empat, Jakarta.

Usman, Bahtiar. 2003, Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi perubahan Laba pada Bank-bank di Indonesia, media riset bisnis dan manajemen, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i1.1760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.