Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Tingkat Likuiditas Perusahaan Manufaktur Tahun 2011 – 2013

SUYANTA, TITIN RULIANA, HERIYANTO

Abstract


Dengan berkembangnya dunia usaha yang sangat cepat di masa sekarang, terjadi persaingan yang ketat di antara perusahaan sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kekayaannya, kewajibannya, dan modal yang dimiliki semaksimal mungkin sehingga kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan dengan baikdan lancar. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang telah go publik yang terdaftar di Bursa Efek indonesia (BEI) untuk periode tahun 2011 sampai dengan 2013. Perusahaan tersebut adalah PT. Charoen Pokphan Indonesia Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT. Malindo Feedmill Tbk, PT. Sierat Produce Tbk.

Berdasarkan data yang ada, dilakukan penghitungan perputaran modal kerja, tingkat likuiditas dengan menggunakan rasio lancar. Hasil penghitungan perputaran modal kerja dan likuiditas menunjukkan bahwa nilai a = 3,970 dan      b = - 0,538 yang berarti pengaruh perputaran modal kerja (X) terhadap likuiditas (Y) negatif atau berbanding terbalik yang menunjukkan bahwa jika perputaran modal kerja naik maka likuiditas akan mengalami penurunan dan kemudian dianalisis menggunakan regresi  yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan variable X (perputaran modal kerja) terhadap variable Y (likuidtas). Dampak dari penggunaan dari analisis regresi dapat digunakan untuk memutuskan apakah naik dan menurunnya variabel indevenden dan atau sebaliknya.

Berdasarkan pembahasan yang telah penulis lakukan, perusahaan harus menggunakan modal kerja secara produktif dan efektif agar tidak terdapat modal kerja yang menganggur, dengan adanya modal kerja yang menganggur akan mengkibatkan perusahaan tersebut megalami kerugian dan perusahaan harus  menjaga tingkat likuiditasnya agar dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan menjaga nilai aktiva lancar lebih besar daripada hutang lancar.


Keywords


Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Laporan Keuangan, Regresi.

Full Text:

PDF

References


Agnes Sawir, (2009), Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston, (2006), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, alih bahasa Ali Akbar Yulianto, Buku satu, Edisi Sepuluh, PT, Salemba Empat, Jakarta.

Manajemen Keuangan, alih bahasa Ali Akbar Yulianto, Buku satu, Edisi Sebelas, PT, Salemba Empat, Jakarta.

Djarwanto, (2005), Pokok-Pokok Laporan Keuangan, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Yogyakarta:BPFE.

Jumingan, (2009), Analisis Laporan Keuangan, Bumi Aksara, Surakarta.

Sugiono, (2011), Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i2.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.