ANALISIS SERVIS QUALITY DAN LOYALITAS NASABAH PT. BANK MAYA PADA INTERNASIONAL TBk DI SAMARINDA

Dwi Kartika Sari, Elfreda Aplonia Lau, Heryanto.

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Tahu Pengaruh Loyalitas Pelanggan Service Quality Pada PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Di Samarinda, untuk menganalisis variabel kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk di Samarinda.

Rumusan masalah dalam makalah ini adalah, apakah Tangibles, Reliability, responsivness, Assurance, dan Emphaty berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Cabang Samarinda.

Teori manajemen pemasaran dasar dan hipotesis yang fokus pada kualitas layanan dan pelayanan. Hipotesis dalam makalah ini adalah:

1. Variabel berpengaruh secara signifikan terhadap bukti fisik Loyalitas Pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Cabang Samarinda.

2.  Keandalan Variabel signifikan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Cabang Samarinda.

3.  Variable responsivness berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Cabang Samarinda.

4.  Jaminan Variabel signifikan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Cabang Samarinda.

5.  Variabel mempengaruhi secara signifikan empati untuk Loyalitas Pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk Cabang Samarinda.

Alat analisis yang digunakan untuk melihat tingkat layanan dan loyalitas pelanggan ke tingkat yang terdiri dari Tangibles, Reliability, responsivness, Assurance, dan Emphaty dalam makalah ini adalah bahwa persamaan regresi menunjukkan bahwa lima faktor / bukti fisik bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap pelanggan loyalitas dan hasil penelitian ini menerima hipotesis.

Hasil penelitian dan pengujian regresi antara faktor kualitas pelayanan ( Service Quality ) dengan loyalitas pelanggan, menunjukkan bahwa lima faktor kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini didasarkan pada lima variabel : Tangibles, Keandalan, responsivness, Assurance, dan Emphaty yang disarankan hubungan yang signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen diterima. Lebih dominan variabel yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah jaminan karena memiliki pengaruh paling dominan terhadap loyalitas pelanggan di PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk di Samarinda.

Keywords


Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Rangkuti, Fredy. 2002 : Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dan Analisis Kasus PLN - JP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Santoso, Purbayu Budi Dan Ashari, 2005 : Analisis Statistik Dengan Microsoft Exel dan SPSS, Andi Offset, Yogyakarta

Sugiyono, 2002 : Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Suardi, 2000 : Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kodya Bandung. Tesis Universitas. Padjajaran. Bandung.

Wijaya, Tony, 2009 : Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS, Penerbit Universitas Atmajaya, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v5i2.1919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.