PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN CV. MARYANA JAYA DI MUARA BADAK

Lampos Hasugian Elfreda Aplonia Lau2 Heriyanto

Abstract


Modal kerja dan produktivitas kerja diperlukan oleh perusahaan untuk menentukan efesien atau tidaknya  sebuah perusahaan dalam operasi atau kegiatan. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi kasus pada pengadaan perusahaan barang di Muara Badak bernama CV. MARYANA JAYA, dengan permasalahan yang diteliti adalah modal kerja yang terdiri dari tiga sub-variabel kas (X1), piutang (X2), dan persediaan (X3) sebagai variabel independen dan Produktivitas (Y) sebagai variabel dependen.

Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan (neraca, laporan laba rugi, dan penjualan kredit data) CV. MARYANA JAYA. Sampel dalam penelitian laporan keuangan dari laporan laba rugi, neraca dan penjualan kredit                              CV. MARYANA JAYA selama 5 tahun yaitu periode 2011-2015 .

Untuk menganalisis pengaruh cash (X1), piutang (X2), dan persediaan (X3) terhadap produktivitas (Y), penulis menggunakan analisis asumsi klasik, uji statistik t, uji F statistik dan koefisien determinasi.

Berdasarkan hipotesis hasil uji pengujian t menunjukkan bahwa variable kas  memiliki efek positif dan signifikan secara parsial terhadap produktivitas. Variable piutangl berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap produktivitas. Dan variabel persediaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap produktivitas. Dalam F hasil tes menunjukkan bahwa variabel kas, Piutang, dan Persediaan secara simultan mempengaruhi produktivitas usaha CV. MARYANA JAYA. Sementara analisis statistik pada pengujian koefisien determinasi ada pengaruh yang kuat antara variabel kas, piutang, dan persediaan terhadap produktivitas 0,908 atau 90,8% sedangkan sisanya 9,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini .


Keywords


Kas, Piutang, Persediaan, Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Darsono dan Ashari. 2005. Pedoman Memahami Laporan Keuangan.

Andi : Yogyakarta.

Gafenski, Louis C. and Eugene F Brigham, 2000. Intermediate Financial Management, Fifth Edition, By Dryden Press Florida, USA.

Gitosudarmo, Indriyo. 2002. Manajemen Keuangan. Yogyakarta:BPFE.

Harahap, Sofyan Syafri, 2002. Teori Akuntansi, Laporan Keuangan, Cetakan Ketiga, Bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga

Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008. Jakarta:PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

Manullang Marihot dan Sinaga Dearlina, 2005. Pengantar Manajemen Keuangan, Andi, Yogyakarta.

Sutrisno, 2008. Manajemen Keuangan Teori, Konsep & Aplikasi , Edisi Pertama, Cetakan Keenam, Ekonisia, Yogyakarta.

Van, Horne. 2005. Accounting Economics. Translation Penerbit PT.Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i2.1947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.