EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN KINERJA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) DI KALIMANTAN TIMUR

Adi Suroso Adi Suroso -

Abstract


Perkembangan perekonomian nasional dan perubahan lingkungan global yang dihadapi dunia usaha dan UKM saat ini sangat cepat dan dinamis, lembaga keuangan perlu didorong ikut berperan nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu mengatasi ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial, serta berperan sebagai wadah kegiatan ekonomi rakyat. BPR merupakan pendukung perekonomian, sektor mikro, kecil, menengah serta sektor informal, dalam pemberian kredit usaha serta menciptakan lapangan pekerjaan, pemerataan pendapatan, dan pemerataan kesempatan berusaha. Laporan keuangan dibutuhkan oleh BPR dalam rangka evaluasi dan meningkatkan kinerja.

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan dan menganalisis pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di wilayah Kalimantan Timur.

Populasi dalam penelitian ini adalah BPR di wilayah Kalimantan Timur yang terdaftar di Bank Indonesia hingga akhir 2014. Alasan dipilihnya BPR adalah lembaga ini merupakan salah satu pendukung perekonomian di Kalimantan Timur dibidang usaha mikro, kecil, menengah serta sektor informal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi dan yang dipakai sebagai responden yaitu manajer tingkat menengah ke atas sejumlah 81.

 

Variabel kualitas Sistem Informasi Akuntansi tidak berpengaruh siginifikan terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR), hasil ini berbeda dengan penelitian Suherman (2008), Handayani (2011), Maharani (2013). Perbedaan ini merupakan sumbangan penting bagi perkembangan teori akuntansi bahwa pada kondisi yang sesuai dengan karakteristik responden, kualitas SIA, pengendalian intern dan kualitas laporan keuangan bukanlah kondisi yang selalu mempengaruhi kinerja keuangan BPR. Kinerja keuangan BPR dipengaruhi faktor selain kualitas SIA, pengendalian intern, perlakukan akuntansi dan kualitas laporan keuangan yang lebih siqnifikan dan memberikan kontribusi bagi penelitian berikutnya untuk menganalisis lebih jauh pengaruh kualitas SIA, pengendalian intern dan kualitas laporan keuangan terhadap kinerja keuangan BPR.


Keywords


: efektivitas, system informasi akuntansi, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2010, SAK-ETAP, Pedoman Akuntansi Bank Perkreditan Rakyat, Bank Indonesia.

_______, Booklet Perbankan Indonesia, 2013, Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan, Bank Indonesia, Jakarta.

Augusty, Ferdinand, 2002, Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Tesis Disertasi Ilmu Manajemen, FE Univ. Diponegoro.

Baridwan, Zaki, 2002, Intermediate Accounting, Edisi Ketujuh, Cetakan Ketujuh, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Cushing, Barry E., 2000. Sistem Informasi Akuntansi Pendekatan Manual Praktika Penyusunan Metode dan Prosedur, diterjemahkan oleh La Midjan, Lembaga Informasi Akuntansi, Bandung.

Edison, 2008, Evaluasi Atas Pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Menciptakan Pengendalian Intern Yang Efektif Atas Mutasi Persediaan Barang Studi kasus pada PT. Cahaya Buana Kemala, Jurnal Ilmiah Nomor 1 Volume 10, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Febryanty, 2010, Evaluasi sistem informasi akuntansi Pada system pengajuan dan persetujuan Kredit pada PT. BPR Buson Jansurya, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2008. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang : Badan Penerbit UNDIP

Hadi, Sutrisno, 2004, Statistik Jilid 3, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Hall, James A, 2007, Accounting Information System (Terjemahaan Dewi Fitriasari). Salemba Empat, Jakarta.

Hamdan, Umar dkk, 2006, Analisis Komparatif Resiko Keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Konvensional Dan BPR Syariah, Fakultas Ekonomi & Program Studi MM., Unsri.

Hidayat, Windiyani, 2009, Analysis And Application Of Accounting Information Systems Internal Control In Banks Financing Murabahah Establishments Sharia Business Unit, Faculty of Psychology, Gunadarma University.

Jusup, Al. Haryono, 2001, Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid 1, Edisi Keenam, Cetakan I, Bagian Penerbitan STIE-YKPN, Yogyakarta.

Kasmir, 2006, Dasar-Dasar Perbankan, edisi 1, Cetakan 1, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mulyadi, 2001, Sistem Akuntansi, Edisi Ke ketiga, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Munawir, 2008, Akuntansi Keuangan dan Manajemen, BPFE Univ. Gadjah Mada, Yogyakarta.

Nafarin, 2004, Akuntansi Berdasarkan Prinsip Akuntansi Indonesia, Jilid 1, PT. Ercontara Rajawali Bekerjasama Dengan WIT, Jakarta.

Santoso, Setyarini, 2002, Electronic Commerce,Tantangan Kompetensi Akuntan dalam menghadapi Isu Internal Control, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 4 No. 1 Mei, Univ. Kristen Petra, Surabaya.

Solimun, 2002, Aplikasi Struktural Equation Modeling (SEM) dan Partial Least Square (PLS) Program Pasca Sarjana, Univ. Brawijaya Malang.

Sutanta, Edhy, 2003, Sistem Informasi Manajemen, edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sutabri, Tata, 2004, Sistem Informasi Akuntansi, Katalog Dalam Terbitan, Andi offset, Yogyakarta.

Weygandt, Donald E Kieso, 2002, Akuntansi Intermediate, Jilid Satu, Edisi Kesepuluh, Erlangga, Jakarta.

http://www.mediabpr.com/info-bpr/PD_BPR_Kota_Samarinda.aspx.

http://www.indowarta.org/2011/query/jurnal-akuntansi-perbankan-tentang-camel-di-bpr

http://www.kaltimprov.go.id/diskominfo/berita-483-bpr-diminta-gairahkan-perekonomian-rakyat-kaltim.html

http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=97993

http://www.bi.go.id/web/id/Publikasi/Laporan+Keuangan+Publikasi+Bank/Alamat+Bank/Alamat+bpr/?cParam=5&pParam=2&var1=54&var2=0&var3=1

Peraturan-Peraturan :

Peraturan Bank Indonesia No : 6/10/PBI/2004 Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum, Bank Indonesia, Jakarta.

Peraturan Bank Indonesia No.8/19/PBI/2006, tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan BPR, Bank Indonesia, Jakarta.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/26/PBI/2006 Tentang Kepengurusan BPR Konvensional

Peraturan Bank Indonesia No. 30/3/UPPB/perihal Tata cara penilaian tingkat kesehatan BPR




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i2.1952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.