PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI AIR MINERAL AQUA DI SAMARINDA

Lili Ekawati H.Eddy Soegiarto Eka Yudhyani

Abstract


Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang di produksi oleh PT Air Mineral Aqua di Indonesia sejak tahun 1973. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDKyang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.

            Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Pengaruh Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Membeli Air Mineral Merek Aqua positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Aqua di Samarinda Mengetahui manakah keputusan pembelian yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Membeli Air Mineral Aqua di Samarinda.

            Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kuisioner ( angket ), dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik. Sampel pada penelitian ini yakni 100 orang yang mengonsumsi air mineral merek Aqua ditentukan dengan menggunakan metode sampel jika peneliti memiliki timbangan – timbangan tertentu didalam pengambilan sampelnnya (purposive sampling).

            Dari hasil penelitian ditunjukkan pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan membeli air mineral merek Aqua secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli di Samarinda. Selain itu variabel produk merupakan variabel berpengaruh dominan terhadap keputusan membeli air mineral merek Aqua di Samrinda.


Keywords


Produk, Harga, Promosi, Keputusan membeli

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan, Manajemen Pemasaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. 2007

Kolter, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi Bahasa Indonesia, PT. Pren Halindo, Jakarta 2000.

Mursid. M, Manajemen Pemasaran, PT. Bumi Aksara, Jakarta 2006

Masyhuri & Zainuddin, Metodologi Penelitian, PT.Refika Aditama, Bandung 2011.

Rewold, H Stewart, James D Scoot, Martin R. Warshaw, MC. Graw Hill Book Company Singapore 2000

Swasta, DH Basu Azas ¬– Azas Marketing, Liberty, Jakarta 2007

Umar Husain, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005

Widianto, Metodelogi Penelitian, Jakarta 2008




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i3.2054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.