ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA FORUM JUAL BELI ONLINE BUSAM (BUBUHAN SAMARINDA)

Raudios Elfreda Aplonia Lau2 Murfat Effendi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variable komunikasi, kepercayaan, pelayanan, jaminan dan empathy terhadap kepuasan konsumen forum jual beli di Busam Samarinda.

            Jenis penelitian yang akan digunakan dalam rangka penulisan skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data utama dari kuisioner. Sampel yang dipergunakan sebanyak 100 responden. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah Random sampling. Alat analisis yang dipergunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t.

Hasil dari perhitungan persamaan regresi yang dihasilkan menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan atau searah antara variabel komunikasi, kepercayaan, pelayanan, jaminan dan emphaty terhadap kepuasan konsumen pada forum jual beli di Busam Samarinda. Maksudnya, apabila variabel independen (bebas) ada penambahan maka variabel dependen (terikat) juga mengalami penambahan dan sebaliknya.

Dari hasil perhitungan uji F didapatkan hasil bahwa variabel komunikasi, kepercayaan, pelayanan, jaminan dan emphaty berpengaruh simultan terhadap kepuasan konsumen pada forum jual beli di Busam Samarinda sehingga hipotesis pertama diterima. Dari kelima hasil uji t terlihat nilai korelasi parsial variabel pelayanan paling besar dibandingkan variabel variabel lainnya, sehingga variabel pelayanan konflik pekerjaan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada forum jual beli di Busam Samarinda, sehingga hipotesis kedua diterima.


Keywords


Kepuasan, Komunikasi, Keprcayaan, Pelayanan, Jaminan dan Empati

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip dan Keller, Lane, Keven, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi dua belas, Macanan Jaya Cemerlang.

, Manajemen Pemasaran ( Analisis, Perencanaan dan Pengendalian ), edisi kelima, jilid satu, Jakarta, Erlangga.

, Manajemen Pemasaran, alih bahasa Bunyamin Nolan, edisi sebelas, Jakarta.

M. Mursid,2006 Manajemen Pemasaran, PT Bumi Aksara, Jakarta

Swasta Basu DH, 2007 Azaz-Azaz Marketing, Liberty, Jakarta

Dan Irawan, 2005 Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Sudarmo Yogito Indri, 2000 ManajemenPemasaran, BPFE, Yogyakart. 2000

Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia, Edisi kedua belas jilid satu, PT. INDEKS. 2007




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i3.2055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.