PENGARUH JUMLAH SIMPANAN DAN TINGKAT BUNGA KREDIT TERHADAP PENYALURAN KREDIT BANK PEBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR

Fajar Bayu Priambodo

Abstract


Fajar Bayu Priambodo, 2012, Pengaruh Jumlah Simpanan dan Tingkat Bunga  Kredit Terhadap Penyaluran Kredit Bank Pembanguna Daerah Kalimantan Timur di bawah bimbingan Bapak Robin  Jonathan dan Bapak Heriyanto,

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jumlah simpanan dan tingkat bunga  kredit Terhadap Penyaluran kredit Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur.

Dasar teori yang digunakan manajemen perbankan.  Hipotesis penelitian ini

Alat analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F dan Uji t.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, kesimpulan penelitian ini :

  1. Fungsi regresi penelitian adalah sebagai berikut : Y  =  23636202,750 + 0,309 X1 – 1262894,316X2 artinya koefisien regresi variabel simpanan bertanda positif menunjukkan jika jumlah simpanan meningkat  maka akan meningkatkan penyaluran kredit pada Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur,  sedangkan koefisien regresi tingkat bunga bertanda negatif menunjukkan jika tingkat bunga menurun maka penyaluran kredit pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Timur meningkat.
  2. Nilai F hitung sebesar  10,303 dengan signifikansi 0,008 lebih kecil jika dibandingkan dengan α = 0,05, ini berarti  variabel bebas simpanan masyarakat dan suku bunga kredit secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap penyaluran  kredit pada Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur.
  3. parsial t hitung variabel simpanan masyarakat sebesar 2,630 dengan signifikansi hitung 0,042 < α 0,05 artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima yang berarti hipotesis yang menyatakan Jumlah simpanan masyarakat  berpengaruh signifikan dan positif terhadap penyaluran kredit pada Bank Pembangunan Daerah  Kalimantan Timur diterima.
  4. Nilai t hitung variabel tingkat bunga kredit sebesar   -2,897 dengan signifikansi hitung 0,030 < α 0,05 artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima yang berarti hipotesis yang menyatakan Tingkat bunga kredit  berpengaruh signifikan dan negatif terhadap penyaluran kredit pada Bank Pembangunan Daerah  Kalimantan Timur, diterima.
  5. Secara parsial variabel tingkat bunga kredit berpengaruh dominan terhadap penyaluran kredit pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Timur, hal ini ditunjukkan oleh nilai standartdize coefficient beta variabel tingkat bunga kredit sebesar 0,504 lebih besar dari nilai standartdize coefficient beta variabel jumlah pinjaman yang sebesar 0,433 dengan demikian hipotesis yang menyatakan Diduga tingkat bunga kredit  berpengaruh dominan terhadap penyaluran kredit pada Bank BPD Propinsi Kalimantan Timur, diterima

Full Text:

PDF DOC

References


Hasymi A Ali. 1999. Dasar-Dsar Operasi Bank, Jakarta Bina Aksara.

James L Pappas and Eugene F Brigham. 1999, Fundamentals Of managerial Economics, The Dryden Press. New York, Copyright




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v1i1.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.