PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR, ETIKA PROFESI, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS

Jidza Khotiyah, LCA. Robin Jonathan, Elfreda Aplonia Lau.

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah pertama, memberikan bukti empiris pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Kedua, memberikan bukti empiris Pengaruh Etika Profesi terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Ketiga, memberikan bukti empiris Pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas, dan memberikan bukti empiris Pengaruh Profesionalsime Auditor, Etika Profesi, dan Pengalaman Auditor secara simultan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas.

Rumusan masalah dari penulisan ini adalah pertama, Apakah profesionalisme auditor, etika profesi, dan pengalaman auditor secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas?; Kedua, Apakah profesionalisme auditor berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas?; Ketiga, Apakah etika profesi berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas?; Keempat, Apakah pengalaman auditor berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas?. Populasi dalam penelitian ini adalah Auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Samarinda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode judgement sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Dasar teori yang digunakan adalah Auditing. Berdasarkan hasil analisis terhadap hipotesis yang diajukan yaitu hipotesis pertama, Profesionalisme Auditor, Etika Profesi, dan Pengalaman Auditor secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Kedua, Profesionalisme Auditor berpengaruh signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Ketiga, Profesionalisme Auditor berpengaruh signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas, dan keempat Profesionalisme Auditor berpengaruh signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme Auditor (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas; 2)  Etika Profesi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas; 3) Pengalaman Auditor (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas; dan 4) Profesionalisme Auditor, Etika Profesi dan Pengalaman secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas.

Keywords


Profesionalisme, Auditor, Etika, Pengalaman, Materialitas.

Full Text:

PDF

References


Herawati dan Susanto. (2009). Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan dan Etika Profesi terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi dan

Noveria. (2006). Pengaruh Profesionalisme Auditor Internal terhadap Work Outcome Audior Internal. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. UNPAD Bandung

Suraida. (2005). Uji Model Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit dan Resiko Audit Terhadap Skeptisisme Profesional Auditor. Jurnal Akuntansi. Th IX/02/Mei

Yanuar. (2008). Pengaruh Profesionalisme Auditor dan Pengalaman Auditor terhadap Tingkat Materialitas dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Auditor BPK Yogyakarta). Skripsi. Tidak Dipublikasikan Puradireja, Kanaka dan Mulyadi. Auditing, Edisi 5, Cetakan ke 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 1997.

Halim, Abdul MBA. Akuntansi, Edisi 2. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2001.

Agoes, Sukrisno. 2004. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik. Edisi Ketiga. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

Arens Alvin A, Elder Randal J, dan Beasley Mark S. 2004. Auditing. Jakarta PT. Indeks

www.wikipedia.com tanggal 17 Februari 2009




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v5i3.2255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.