KONTRIBUSI RETRIBUSI PASAR DALAM PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN KUTAI TIMUR

Diana Palestina, Elfreda Aplonia Lau, Titin Ruliana.

Abstract


Dinas Perdagangan dan Perindustrian sebagai instansi yang menaungi atas pengelolaan pasar-pasar Se-Kabupaten Kutai Timur dan Dinas Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kutai Timur sebagai instansi yang melakukan pencatatan atau pembukuan masuknya sumber – sumber pendapatan daerah secara global. Sejak awal pemekaran Kabupaten Kutai Timur, Dinas Perdagangan dan Perindustrian adalah instansi yang menaungi dan mengelola pasar, berbeda dengan daerah lain instansi Dinas Pasar berdiri sendiri.

Berdasarkan hasil data sekunder dan primer yang didapat dari penelitian yang dilakukan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kutai Timur, maka hasil dari penelitian ini Pertumbuhan retribusi pasar daerah berfluktuasi. Pertumbuhan tertinggi pada peri­ode tahun 2009, sedangkan pertumbuhan terendah pada periode tahun 2014. Pada umumnya tinggi rendahnya pertumbuhan dikare­nakan ketidakstabilan penetapan target retribusi oleh pemerintah.

Keywords


Kontribusi, Retribusi

Full Text:

PDF

References


Husnan, Suad. Publisher, : Yogyakarta : UPP AMP YKPN. Year, : 1998. Stock, : 5 eks. Indeks Page, : Indeks : hlm. 499 eks.

Warsito. 2001. Hukum Pajak. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada. Hal 128




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i3.2273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.