Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Emiten LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015

Nisran, LCA. Robin Jonathan, Suyatin

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perngaruh profitabilitas terhadap harga saham emiten LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Rasio profitabilitas yang digunakan sebagai variabel independen yaitu Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE). Sedangkan yang digunakan sebagai variabel dependent adalah harga saham yaitu harga saham pada saat penutupan yang terjadi pada pasar regular (regular market trading).

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang kemudian dipublikasikan ke (IDX) tahun 2010-2015. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pemilihan sampel purposive sampling, yaitu tipe pemilihan sampel berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu.

Alat Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Asumsi Klasik, Regensi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi. Dalam Asumsi klasik di lakukan juga uji Normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas untuk dapat melakukan analisis regresi linear berganda.

Dari hasil penelitian setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa variabel Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) tidak memiliki pengaruh positif terhadap harga saham secara parsial. Sedangkan setelah dilakukan uji ANOVA atau simultan variabel independen Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia.

Keywords


Rasio Profitabilitas, Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Darmadji & Fakhruddin, 2011, Pasar Modal di Indonesia, edisi 3,Salemba Empat, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Harahap, 2007, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, edisi Pertama, cetakan ketiga, Penerbit : Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Irawati, Susan. 2006. Manajemen Keuangan. Bandung: Pustaka.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Martono dan Harjito D Agus. 2007. Manajemen Keuangan. Cetakan keempat. Yogyakarta: EKONISIA.

Munawir. 2002. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Sartono, Agus, 2001. Manajemen Keuangan, Edisi 3, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, BPFE, Yogyakarta.

Sartono, Agus, R. 2010. Manajemen keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta;BPFE.

Tjiptono, Fandy 2001, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i3.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.