ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA STASIUN KARANTINA PERTANIAN KELAS I SAMARINDA

Sri Sulistiowati -

Abstract


Rumusan masalah yang dikemukakan  dalam penelitian ini adalah  apakah kinerja keuangan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda mengalami peningkatan pada tahun 2015 dibanding kan tahun 2014 dan 2013. Ditinjau dari rasio Aktivitas, rasio Efektivitas dan rasio Efisiensi.

 

Tujuan dan kegunaan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda dan memberikan pandangan teori kepada pimpinan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda sebagai penunjang dalam pengambilan keputusan.

 

Dasar teori yang digunakan adalah analisis  rasio aktivitas, rasio efektif dan rasio efisiensi untuk menilai apakah kinerja  keuangan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda meningkat atau menurun. Pengujian hipotesis, apabila  Kinerja Keuangan pada Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda ditinjau dari rasio aktivitas, rasio efektivitas dan rasio efisiesi pada tahun 2015 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2014 dan tahun 2013 maka diterima.

 

Hasil dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa kinerja keuangan yang dihitung dengan rasio aktivitas, rasio efektivitas dan rasio efisiesi terjadi peningkatan kinerja keuangan dari masing – masing periode yang dijadikan penelitian (2013, 2014 dan 2015). Dengan adanya peningkatan kinerja keuangan tersebut berarti realisasi anggaran Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda pasti  mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang dikemukakan dapat diterima yaitu bahwa analisis kinerja keuangan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda meningkat pada tahun 2015 dibandingkan dengan tahun 2014 an 2013.

 


Keywords


: Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Amrin, Abdullah. 2009. Bisnis, Ekonomi, Asuransi, dan Keuangan Syariah. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Baridwan , Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi 8, BPFE, Yogyakarta

Bahtiar Arif, Muchlis, Iskandar. 2002. Akuntansi Pemerintahan, Jakarta : Salemba Empat.

Balkaoui, Ahmed Riahi. 2000. Teori Akuntansi Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Harahap,Sofyan Syafri. 2005. Teori Akuntansi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Husnah, Suad, 2008, Manajemen Keuangan : Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang), Edisi Keempat, Jilid 1, BE-Pe, Yogyakarta.

Jumingan, 2008, Analisis Laporan Keuangan , bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Niswonger, C. Rollin, dkk. 2001. Prinsip-Prinsip Akuntansi Edisi 20 Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Revrisond Baswir. 2000. Akuntansi Pemerintahan Indonesia.Yogyakarta : BPFE.

Sugiono, Arief dan Untung Edy. 2008. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan

Keuangan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Welsch, Hilton, Gordon. 2000. Anggaran Perencanaan dan Pengendalian Laba.Diterjemahkan oleh Purwatiningsih dan Maudy Warouw. Buku Satu. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i3.2512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.