SISTEM DAN PROSEDUR PENGGAJIAN PADA MELLY MART SAMARINDA

Jhon Alfranto Harefa Jhon Alfranto Harefa Jhon Alfranto Harefa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur penggajian pada Melly Mart Samarinda,terhadap pengendalian intern apakah telah sesuai prosedur yang diterapkan telah perusahaan dengan teori yang ada, untuk mengetahui sudah terlaksana dengan baik elemen-elemen pengendalian intern.

Berdasarkan pada permasalahan yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat dibuat dugaan sementara sebagai berikut : “Sistem dan Prosedur Penggajian pada Melly Mart Samarinda tidak sesuai dengan sesuai dengan sistem pengendalian intern”. Untuk mengetahui sistem penggajian pada Melly Mart Samarinda akan digunakan metode komperatif (perbandingan) dengan alat analisis menggunakan Flowchart, yaitu dengan membandingkan antara sistem penggajian yang diterapkan oleh perusahaan dengan sistem penggajian menurut teori. Pengendalian intern didalam pembayaran gaji yang diberikan kepada para karyawan, yakni struktur organisasi, otorisasi, penempatan karyawan dan praktek yang sehat.

Sistem otorisasi yang berhubungan dengan pembayaran gaji pada Melly Mart Samarinda pada dasarnya tidak sesuai dengan unsur-unsur pengendalian intern. Ketidak hadiran karyawan tanpa pemberitahuan izin atau sakit akan dilakukan pemotongan gaji yang dapat dilihat pada slip gaji pada bulan yang bersangkutan. Bagi pencatat waktu yang mempunyai data untuk membuat daftar perhitungan gaji, tidak terdapat pada sistem pembayaran gaji pada Melly Mart Samarinda.Bagian ini langsung diserahkan pada personalia, akibatnya dikhawatirkan penyelewengan waktu dan personel.

Sistem akuntansi penggajian masih belum terlaksana dengan baik, karena pembuatan daftar gaji, perhitungan gaji dilakukan oleh satu bagian saja yakni bagian personalia.Setelah daftar gaji dibuat, kemudian diserahkan kebagian keuangan untuk diotorisasi oleh pimpinan perusahaan.Daftar dan perhitungan gaji yang sudah diotorisasi oleh pimpinan perusahaan diserahkan kembali kebagian keuangan untuk melakukan pencatatan pengeluaran gaji dan melakukan pengeluaran kas sesuai dengan yang tertera pada daftar gaji.Sedangkan pembagian gaji karyawan dilakukan oleh begian personalia.Gaji karyawan diserahkan kepada karyawan dengan bukti terima gaji yang ditanda tangani oleh masing-masing karyawan, bukti dokumen pembagian gaji disimpan oleh bagian personalia.Dengan demikian hipotesis yang menyatakan sistem dan prosedur penggajian pada Melly Mart Samarinda belum sesuai dengan pengendalian intern diterima

Keywords


Sistem Pengendalian Intern, Penggajian

Full Text:

PDF

References


ANONIM, IKATAN AKUNTAN INDONESIA, 1990, Norma Pemeriksaan Akuntan, Penerbit Rineka Cipta

ADIKUSUMAH, R. SOEMITRO, 2006, Sistem Akuntansi Prosedur dan Metode Suatu Pembahasan, Catakan Kedua, CV. Sinar Baru, Bandung.

ANASTASIA DIANA, LILIS SETIAWATI, 2010, Sistem Informasi Akuntansi.Penerbit Andi Yogyakarta.

ANDERSON, CALDWELL, NEDLLES, 1999, Principle of Accounting, fifth, Editon, By Houghton Miffin Company All Right Reserved, Boston

BARIDWAN, ZAKI, 2004, Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi Keempat Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

GOUZAL, 2002, Pemeriksaan Akuntansi. Edisi Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

HARNANTO, 2003, Sistem Akuntansi Survei dan Teknik Analisis. Edisi Pertama Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi, Yogyakarta.

M. RUCKY, ACHMAD 2001, Pemeriksaan Akuntan, Edisi Ketiga, Penerbit Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Nasional, Yogyakarta

MULYADI, 2004, Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga Penerbit Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Nasional, Yogyakarta.

.2010. Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Cetakan Keempat. Jakarta: Salaemba Empat

NARKO. 2002. SistemAkuntansi. Cetakan Ketiga. Yogyakata: Yayasan Pustaka Nusantara.

ROMMEY, MARSAL B. PAUL JOHN STEINBART. 2004. Accounting Information. Ahli Bahasa: Dewi Fitria Sari dan Deny Amos Kwary, Edisi Kesembilan. Jilid 1, Jakarta: Salemba Empat

UMAR HUSEI, 2001, Riset Akuntansi, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i3.2520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.