Kinerja Keuangan PT. Telkom (Tbk) Sebelum dan Sesudah Launching Produk Indihome

Aerodin * *

Abstract


Saat ini teknologi komunikasi dan informasi tidak hanya menjadi instrumen peningkatan efektivitas dan efesiensi bisnis tetapi juga telah menjadi area bisnis yang menjanjikan, yang banyak diperebutkan pelaku usaha karena potensi luar biasa yang dikandungnya. Berbagai produk-produk teknologi komunikasi terbaru selalu muncul setiap waktu dari tiap-tiap perusahaan  komunikasi, mengeluarkan produk teknologi komunikasi baru yang lebih nyaman  dan canggih merupakan strategi yang sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi untuk dapat merebut pasar. Tujuan akhirnya adalah untuk mencapai profitabilitas yang maksimal, yang dapat diketahui melalui kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Kinerja Keuangan PT. Telkom (Tbk) Sebelum dan Sesudah Launching Produk Indihome.

Dari hasil analisis dapat diketahui kinerja PT. Telkom dan perkembangan, serta prediksi yang akan datang. Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : NPM (net profit margin). Telkom telah melaksanakan launching produk baru sehingga diharapkan sesudah adanya launching produk indihome ada perbedaan yang dapat meningkatkan kinerja atau penjualan PT. Telkom tersebut.

            Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2010-2015, dan diproses menggunakan alat analisis chi-square.

             Setelah diadakan analisis berdasarkan perhitungan atau hasil penelitian adalah NPM (net profit margin) mengalami perubahan antara sebelum dan sesudah launching produk indihome mengalami peningkatan sebesar 13%,

            Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan kinerja keuangan pada PT. Telkom (Tbk) sebelum dan sesudah launching produk indihome. Dengan demikian diharapkan PT. Telkom (Tbk) dapat menjadikannya sebagai acuan dan target penjualan pada masa yang akan dating. Selain itu, dapat juga sebagai fungsi control di dalam evaluasi pelaksanaan program perusahaan, sehingga semua perbedaan yang tidak menguntungkan perusahaan dapat lebih cepat ditanggulang.


Keywords


net profit margin

Full Text:

PDF

References


Atmaja, Lukas Setia. 2008, Teori dan Praktik Manajemen Keuangan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fahmi, Irham, 2014, Pengantar Manajemen Keuangan, Alfabeta, Bandung.

Hanafi ,2005. menejemen keuangan, edisi 1.Yogyakarta

James C. Van Horne, John M. Machowicz, JR. Diterjemahkan: Gina Gania, 2005, Financial Management, Salemba Empat, Jakarta.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan, Bumi Aksara, Jakarta

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan, Edisi pertama. Rajawali Pers. Jakarta.

MeiSantini. 2015. Analisis Kinerja Keuangan PT. Telkom Sebelum dan Sesudah Launching Produk Speedy. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Munawir.2008. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke-4, Liberty, Yogyakarta

Wadzil Habibah. 2009. Analisis Kinerja Keuangan PT. Telkom (Tbk) Sebelum dan Setelah Launching Flexy. Universitas Negeri Semarang

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i3.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.