PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PADA CV NIRWANA PRINTING DI SAMARINDA

Kamsiani - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa, produk, harga, tempat, promosi, osrang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda.

          Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linear berganda yaitu alat analisis yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh variabel bebas yaitu: produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bukti fisik (X7) terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan menggunakan jasa (Y) baik secara simultan maupun secara parsial. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.

Hipotesis Uji F pada penelitian ini adalah variabel-variabel bebas yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda. Dan Hipotesis Uji T pada penelitian ini adalah Variabel produk dan bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda, sedangkan variabel harga, tempat, orang dan proses secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa pada CV Nirwana Printing di Samarinda.

            Hasil penelitian melalui uji analisis regresi linear berganda adalah dari tujuh variabel yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik hanya terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa dikarenakan dua variabel tersebut mempunyai thitung lebih daripada ttable yaitu variabel produk (3.086) dan bukti fisik (2.333) sedangkan variabel harga (-0.817), promosi (0.505), orang (-1.461), tempat (0.541) dan proses (1.328) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan. Sedangkan ttabel adalah 1.986. sedangkan Fhitung pada penelitian ini adalah 2.910 dan Ftabel adalah 2.470, maka bisa dilihat bahwa fhitung lebih besar daripada Ftabel.

Keywords


Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik, Keputusan Menggunakan Jasa Printing

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Assauri, Sofyan, SE, MBA, 2001. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan strategi. Jilid Pertama, Cetakan Ketiga, Jakarta.

Anoraga, Pandji. 2000. Manajemen Bisnis, Edisi Kedua, Asdi Mahasatya, Jakarta

Alma Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta Bandung

Basu Swastha, 2000. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Yogyakarta : Liberty.

Basu Swastha, 2001. Manajemen Pemasaran I, Edisi Ketiga, Yogyakarta.

Basu Swastha, 2002. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Yogyakarta : Liberty.

Basu Swastha, 2005. Asas-Asas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Catur, Rismiati. 2006. Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius. Yogyakarta.

Dharmesta dan Irawan, 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta : Liberty.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi analisis Multivariate dengan menggunkan program SPSS.BP UNDIP, Semarang.

Hurriyati,Ratih. 2005 Bauran pemasaran dan loyalitas Konsumen. Penerbit CV. Alfabeta Bandung

Kotler Philip . 2001. Prinsif-prinsif Manajemen, Jilid I, Edisi kedelapan, Alih bahasa Oleh Damos Sihombing.

Kotler Philip . 2004. Prinsif-prinsif Manajemen, Jilid I, Edisi kesepuluh, Alih bahasa Oleh Damos Sihombing.

Kotler Philip . 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi kesebelas, PT. Indeks kelompok Gramedia Jakarta

Lupiyoadi Rambat. 2001, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Laksbang Presindo.

Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Cetakan Ketiga, Bandung. Linda Karya.

Tjiptono, Fandy, 2001, Strategi Pemasaran, Edisi Pertama, Amdi Ofset, Yogyakarta.

Tambunan, Tulus. 2002. Usaha Kecil dan Menengah dalam Perekonomian Nasional. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.