PROFESIONALISME AUDITOR DENGAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PENGAUDITAN LAPORAN KEUANGAN PADA REKANAN DAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SAMARINDA

Noviani Putri Pramita

Abstract


Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban manajemen terhadap pemilik perusahaan dan pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan akan dipergunakan sebagai dasar pembuat keputusan. Agar laporan keuangan menjadi alat yang handal dan relavan dalam pembuatan keputusan maka laporan keuangan perlu diaudit oleh pihak ketiga yang independen, dalam hal ini auditor. Laporan keuangan yang sudah diaudit dan mendapat opini unqualified, diharapkan dapat memberikan jaminan bahwa laporan keuangan tersebut bebas salah saji yang material dan sajikan dengan prinsip akuntansi berterima umum. Jika Profesionalisme berpengaruh terhadap Tingkat Materialitas maka akan semakin baik pula kualitas kinerja auditor dalam memeriksa laporan keuangan klien.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Tingkat Materialitas pada Rekanan Dan Kantor Pada Saat Pengauditan Laporan Keuangan.

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Dengan variabel x profesionalisme auditor dan Y adalah tingkat materialitas. Sampel pada penelitian ini yakni 30 orang Auditor yang bekerja pada Rekanan Dan Kantor Akuntan Publik Di Samarinda. Yang ditentukan dengan menggunakan metode sampel berdasarkan kemudahan (convenience sampling).

Dari hasil penlitian ditunjukan bahwa Profesionalisme Auditor secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Materialitas pada Rekanan Dan Kantor Akuntan Publik Di Samarinda. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Keywords


Profesionalisme Auditor, Tingkat Materialitas

Full Text:

PDF

References


Alvina, Novita dan I Ketut Suryanawa 2011. Analisis Hubungan Antara Profesionalisme Auditor Dengan Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali. Universitas Udayana.

Arifuddin, Sri Anik dan Yusni Wahyuddin, 2002. “Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi dan Keterlibatan Kerja Terhadap Hubungan Antara Etika Kerja Islam Dengan Sikap Terhadap Perubahan Organisasi (Studi Empiris Terhadap Dosen Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Malang Dan Makasar)” Prosiding SNA V. Semarang.

Fridati, Winda, 2005. Analisis Antara Profesionalisme Auditor Dengan Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Halim, Abdul, 2003. “Auditing, Edisi Ketiga (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan Jilid 1)”, unit penerbit dan percetakan akademi manajemen perusahaan YKPN, Jakarta.

Herawaty Arleen dan Susanto Yulius Kunia, 2009. Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan, dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik. Dalam Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.

J.S Badudu, Sultan Muhammad Zain, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Messier, 2005, William F, Jr. Steven M. Glover, Assurance Service, buku satu (Edisi Empat), (Alih bahasa Nuri Hinduan), Salemba empat, Jakarta.

Mulyadi, 2010. Auditing, Edisi Enam, Cetakan Ketujuh, Salemba Empat, Jakarta.

, 2002. Auditing, Buku Dua Edisi Ke Enam. Salemba Empat, Jakarta.

Syahrir, 2002. Analisis Hubungan Antara Profesional Akuntan Publik Dengan Kinerja, Kepuasan Kerja, Komitmen, dan Keinginan Berpindah, Tesis S2, Fakultas Ekonomi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Theresia Dwi Hastuti, Stefani Lily I, dan Clara Susilawati, 2003. Hubungan Antara Profesionalisme Auditor DenganPertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan.Simposium Nasional Akuntansi VI, Jakarta.

UU No.5 Tahun 2011. Tentang Akuntan Publik.

Yendrawati Reni, 2008. Analisis Hubungan Antara Profesionalisme Auditor Dengan Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan. Dalam Jurnal Penelitian & Pengabdian dppm.uii.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.