ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI AKTIVA TETAP PENAMBAHAN MESIN PERCETAKAN PADA LINEZA PRODUCTION SAMARINDA

Henny Ramadhani -

Abstract


Lineza Production Samarinda yang bergerak dalam bidang jasa percetakan merencanakan investasi aktiva tetap berupa penambahan mesin pencetak baliho untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap produk baliho yang semakin banyak.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rencana penambahan mesin percetakan yang dilakukan oleh Lineza Production Samarinda yang ditinjau dari aspek keuangan memberikan keuntungan atau sebaliknya sehingga layak dijalankan atau tidak.

            Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Akuntansi Manajemen dengan metode analisis Payback Period, Net Present Value, Internal Rate Of Return dan Profitability Index.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perhitungan Payback Period (tingkat waktu pengembalian modal) yang dihasilkan adalah selama 1 tahun 8 bulan 4 hari ini berarti bahwa investasi tersebut dapat dilaksanakan karena kurang dari 3 tahun umur kredit bank, Net Present Value menunjukkan hasil positif yaitu sebesar Rp. 1.215.688.162,-. (Tingkat pemulihan internal) Internal Rate Of Return adalah sebesar 44%, nilai ini lebih tinggi dari tingkat pemulihan yang diharapkan yaitu 14% dan Profitability Index sebesar 3,1 lebih besar dari 1. Dari  hasil perhitungan kriteria kelayakan investasi berdasarkan aspek keuangan, maka investasi penambahan mesin percetakan pada Lineza Production Samarinda periode 2016 - 2020 layak dan dapat dilaksanakan. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan diterima.

Keywords


Kelayakan investasi, aktiva tetap

Full Text:

PDF

References


Haming, Murdifin dan Basalamah , Salim. (2010). Studi Kelayakan Investasi Proyek dan Bisnis. Makassar: Bumi Aksara.

Horngen, Harrison, Robinson dan Secokusumo. Yang diterjemahkan oleh Salemba Empat. 1997. Akuntansi Di Indonesia. Buku ke-1. Salemba Empat : Jakarta

Kasmir dan Jakfar. 2015. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi-Revisi. Kencana:Jakarta

Riyanto, Bambang, 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Rudianto. 2008. Pengantar Akuntansi. Erlangga : Jakarta.

Sutrisno, 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia : Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.