PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DEPOT AIR MINUM SAMAQUA DI SANGATTA

SENIWATI - -

Abstract


Penelitian dilakukan pada Depot Air SamaQua yang berlokasi di Kecamatan Sangatta. Perumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Kualitas Layanan yang terdiri dari (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) secara langsung (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Depot Air SamaQua Sangatta ? dan Apakah Assurance memiliki pengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan Depot Air SamaQua Sangatta ?

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan yang terdiri dari (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) secara langsung (simultan) terhadap Kepuasan Pelanggan Depot Air SamaQua Sangatta 2) Untuk mengetahui pengaruh dominan Assurance terhadap Kepuasan Pelanggan Depot Air SamaQua Sangatta.

Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Pemasaran yang berfokus pada kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Hipotesis penelitian ini adalah 1) Kualitas Layanan yang terdiri dari (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) secara langsung (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Depot Air SamaQua Sangatta. 2) Assurance memiliki pengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan Depot Air SamaQua Sangatta. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian diperoleh bahwa Variabel kualitas layanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy) secara bersama-sama (Simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Depot Air Minum Isi Ulang SamaQua Sangatta.  Variabel kualitas layanan dengan dimensi Assurance ( X4 ) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan pelanggan Depot Air Minum Isi Ulang SamaQua Sangatta.

Keywords


Pelayanan, Kepuasan

Full Text:

PDF PDF

References


Anonimous. 2010. Pengertian Pemasaran, http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran, diakses 2 nopember 2010.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V, Rineka Cipta, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jilid 2, PT. Indeks, Jakarta.

Payene, A, 2001, Services Marketing, Edisi I, Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.