PREDIKSI PENDAPATAN USAHA SARANG BURUNG WALET DISANGATTA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Nanang - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Prediksi Pendapatan,Laba,Biaya Produksi dan Jumlah Produksi Sarang Burung Walet, pada setiap panen. Adapun rumusan masalah dari peneliitian ini adalah apakah pengembangan usaha sarang burung walet di sangatta menghasilkan laba secara finansial.

Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Keuangan  mencakup pengertian laba, produksi, biaya. Penelitian ini dilakukan pada 10 pemilik Sarang Burung Walet yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur. Sampel penelitian dilakukan dengan wawancara dengan pemilik secara langsung di kabupaten Kutai Timur,. Data menggunakan analisis regresi linear berganda, dan analisis forecasting.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa data hasil hitung forecoasting dari ke 10 rumah budidaya sarang burung walet diSangatta Utara Kabupaten Kutai Timur, maka dicatatkan angka pendapatan pertahun 2015 dan prediksi atau ramalan pendapatan usaha tahun 2016 dengan tingkat kenaikan pendapatan usaha dalam prosentase (%). Rumah budidaya sarang burung walet Bintang Jaya mengalami kenaikan sangat signifikan dengan angka dalam persen sebesar 104%, kemudian rumah budidaya sarang burung walet milik Bapak Adan dijalan Diponegoro Gg. Komodo diprediksi akan mengalami kenaikan pendapatan sebesar 42%. Untuk ke 8 rumah budidaya sarang burung walet mengalami kenaikan, namun kurang signifikan dengan rata – rata mengalami kenaikan sebesar 10% untuk pendapatan penghasilan usaha sarang burung waletnya.

Keywords


Prediksi Pendapatan, Laba, Produksi, dan Biaya Produksi

Full Text:

PDF

References


Anonim, Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 ; Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Assauri, Sofyan. 2008; Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Penerbit: BPFEUI: Jakarta

Hassan.M.Iqbal .2008; Pokok – pokok Materi Statistik I (Statistik Deskriptif).

Herjanyo, Eddy, 2007; Manajemen Produksi dan Operasi, Grasindo, Jakarta.

Manulang, Marihot. 2005; Pengantar Manajemen Keuangan, Edisi 4. BPFE,Yogyakarta

Suad Husnan dan Pudjiastuti (2012:3); dalam bukunya “Dasar-dasar manajemen Keuangan”

Mahmudi. 2010; Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Edisi Kedua, Cetakan Pertama. STIM YKPN, Yogyakarta.

Pangestu Subagyo.2002; Forecasting Konsep dan Aplikasi :Yogyakarta.BPFE

Purwadi;Penelitian tentang Strategi Pengembangan BUMD Non Perbankan dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Surabaya ; BALITBANG Daerah Provinsi Jawa Timur, 2002.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.