ANALISIS PENGARUH PENETUAN JUMLAH DWON PAYMENT, ANGSURAN DAN LAMA TENOR TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT SMART MULTI FINANCE CABANG MELAK

Elisabet Elisabet Elisabet

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penentuan jumlah Dwon Payment, Angsuran Dan Lama Tenor terhadap hasil penjualan PT. Smart Multi Finance Cabang Melak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT. Smart Multi Finance Cabang Melak Tahun 2015.

Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakanuji t-test untuk menguji koefisien regresi secara parsial (sendiri–sendiri) sertauji f-test untuk menguji pengaruh secara simultan (bersama–sama). Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik  yang  meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.

Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik sehingga bisa dilanjutkan. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan bahwa secara simultan variabel–variabel independen Dwon Payment, Angsuran dan Lama tenor terhadap hasil Penjualan dengan uji-f terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil Penjualan Motor. Hasil secara parsial dengan uji-t  variabel Dwon Payment berpengaruh dan signifikan sebesar 0,000, Angsuran berpengaruh siginifikan  sebesar 0,05 dan Lama tenor berpengaruh siginifikan sebesar 0,05.

 


Keywords


: Dwon Payment, Angsuran, lama tenor penjualan

Full Text:

PDF

References


Drs.Sutrisno,MM. 2005. Manajemen Keuangan, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Sudjaja, Ridwan dan Inge Berlian, 2002, Manajemen Keuangan 1, PT. Prenhallindo, Jakarta

Trihendradi. 2009. 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS17, Edisi 1. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Ikatan Akutansi Indonesia. 2009. Standar Akutansi Keuangan. 2002 dan Revisi 2007. Jakarta. Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

.

Ghozali, 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Mulyadi, 2005. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta ; UPPAMP YKPN Universitas Gajah Mada

.

Allan R. Drebin, 2005, Advanced Accounting: Akuntansi Keuangan Lanjutan Jakarta : Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.