PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI KUALITAS SERTA SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY DI SAMARINDA

Hermawan - -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy di Samarinda.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan dan data kuantitatif yang diperoleh dari penyebaran kuesioner responden. Sampel yang dipergunakan sebanyak 100 responden. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu purposive sampling. Alat analisis yang dipergunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t.

Hasil dari perhitungan regresi yang dihasilkan menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan atau searah antara variabel motivasi, persepsi, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian motor Honda Scoopy di Samarinda. Maksudnya, apabila variabel independen ada penambahan maka variabel dependen juga mengalami penambahan dan sebaliknya.

Dari hasil uji F menunjukkan bahwa variabel motivasi independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap konsumen pembeli kendaraan sepeda motor Honda Scoopy di Samarinda sehinga Ha diterima.

Keywords


Motivasi, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Dharmmesta, Basu Swastha dan Ibnu Sukoktjo, 2007, Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Liberty Yogyakarta.

¬________dan T Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, BPFE-Yogyakarta.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran (Terjemahan oleh Alexander Sindoro), Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

________& Kevin Laen, 1997, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

Robbins, Stephen P dan Mary Coulter, 2010, Manajemen, Edisi Kesepuluh Jilid 1, Erlangga.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2010, Metodologi Penelitian, Edisi Pertama, C.V Andi Offset.

________2013, Perilaku Konsumen, C.V Andi Offset.

Sunyoto, Danang, 2013, Manajemen Pemasaran (Pendekatan Konsep, Kasus, dan Psikologi Bisnis), Edisi Pertama, CAPS Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Sevice, Quality & Satisfaction, Edisi Ketiga, C.V Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.