FAKTOR PENENTU HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2014

ASWAR ANAS -

Abstract


Harga Saham adalah harga dari suatu saham yang ditentukan pada saaat pasar saham sedang berlangsung dengan berdasarkan kepada permintaan dan penawaran pada saham perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI.

Rumusan masalah apakah terdapat pengaruh signifikan antara variabel ROA, ROE, NPM, DER, EPS secara bersama- sama terhadap harga saham, dan apakah terdapat pengaruh signifikan antar variabel- variabel tersebut terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI.

Dasar teori yang digunakan manajemen keuangan. Manajemen keuangan digunakan sebagai dasar untuk mengambil suatu keputusan menggunakan alat analisis rasio keuangan yaitu ROA, ROE, NPM, DER, EPS, dan Harga Saham (Price).

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka kesimpulan sebagai berikut: hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel Return on Asset, Return on equity, Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share berpengaruh signifikan secara simultan terhadap harga saham, Secara parsial menunjukkan bahwa variabel return on asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, return on equity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, net profit margin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, debt to equity ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, earning per share berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham.

Keywords


Return on Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, Debt to Equtiy Ratio, Earning Per Share, dan Price

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji dan Piji Pakarti. (2006). Pengantar Pasar Modal. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston, 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptotno dan Fakhruddin. (2001). Pasar Modal Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Fakhruddin dan Sopian Hadianto. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Buku Satu. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Hanafi, Mamduh M., Abdul Halim. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Helfert, Erich A. (1999). Teknik Analisis Keuangan. Petunjuk Praktis Untuk Mengelola Dan Mengevaluasi Kinerja Perusahaan. Edisi Kedelapan. Jakarta.

Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz, Jr. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Buku Satu. Edisi Kedua Belas. Jakarta : Salemba Empat.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2002. Dasar- dasar Manajemen Keuangan. Edisi ketiga.Yogyakarta : UPP – AMP – YKPN.

Indonesia Stock Exchange. (2010). Buku Panduan Indeks Harga Saham Bursa Efek Indonesia. Jakarta : Indonesia Stock Exchange.

http://www.sahamok.com

http://www.idx.co.id/




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i1.2688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.