PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA

Andika Lesmana -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap profitabilitas dengan menggunakan indikator return on asset (ROA), return on equity (ROE), return on investment (ROI) dan net profit margin (NPM) dan kinerja saham dengan menggunakan indikator return saham dan price earning ratio (PER) pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Masalah di dalam penelitian ini adalah apakah good corporate governance (GCG) berpengaruh signifikan terhadap return on asset (ROA), return on equity (ROE), return on investment (ROI), net profit margin (NPM), return saham, dan price earning ratio (PER).

Dasar teori yang digunakan adalah akuntansi manajemen. Good corporate governance dan proksi organ perusahaan di dalam good corporate governance. Indikator penilaian profitabilitas dan kinerja saham.

Hipotesis di penelitian ini menghubungkan pengaruh antara variabel independen (Good Corporate Governance) terhadap variabel dependen (profitabilitas) dengan menggunakan 6 indikator yaitu ROA, ROE, ROI, NPM, Return Saham dan PER.

Alat analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi sederhana dan menggunakan koefisien determinasi-R² dan uji-T dan dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu.

Hasil penelitian yang di dapat di dalam penelitian ini adalah hipotesis ditolak. Artinya good corporate governance (GCG) berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas.

Keywords


Good Corporate Governance (GCG), ROA, ROE, ROI, NPM, Return Saham, PER.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2006. “Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia”. Komite Nasional Kebijakan Governance. Jakarta.

G. Suprayitno, et all. 2004. Komitmen Menegakkan Good Corporate Governance: Praktik Terbaik Penerapan GCG Perusahaan di Indonesia. Jakarta: The Institute for Corporate Governance (IICG).

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Leo J. Susilo dan Karlen Simarmata. 2007. Good Corporate Governance pada Bank: Tanggung Jawab Direksi dan Komisaris dalam Melaksanakannya. Jakarta: PT Hikayat Dunia.

Monks, R. A. G. dan N. Minow. 2003. Corporate Governance. Third Edition, Blackwell Publishing.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Susan Irawati. 2006. Manajemen Keuangan. Pustaka: Bandung.

Website http://www.dokterbisnis.net/2010/07/28/apa-itu-good-corporate-governance/

https://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi_manajemen

https://id.wikipedia.org/wiki/Tata_kelola_perusahaan

http://www.bpkp.go.id/dan/konten/299/good-corporate.bpkp

http://www.fcgi.or.id/corporate-governance/about-good-corporate-governance.html




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i2.2716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.