PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI KARTU SELULER SIMPATI DI KOTA SAMARINDA

Yuni Berta Yuni Berta -

Abstract


Berdasarkan hasil analisis, maka di dapat suatu persamaan regresi linear sederhana Y = 1,260 + 60,80X, yang berarti setiap penambahan satu satuan inovasi brand image di harap akan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli kartu selular simpati  sebesar 60,80.

Hasil perhitungan koefisien korelasi (r)= 69,01 berarti menunjukkan bahwa adanya keratan hubungan yang positif. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan brand image terhadap keputusan konsumen untuk membeli kartu selular simpati,

Nilai koefisien determinasi (r2), yang hasilnya = 47,06%, hal ini menunjukkan bahwa variabel brand image (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel keputusan membeli kartu selular simpati (Y). Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan signifikan dengan keputusan konsumen untuk membeli kartu selular simpati.

Untuk menguji hipotesis digunakan uji t hitung hasilnya di dapat = 3,572 dan t tabel pada taraf  5% derajat kebebasan dF = n – 2, hasil didapat 2,132 maka hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung (3,572) > t tabel (2,132), maka hal ini menjelaskan ada hubungan antara kedua variabel sehingga hipotesis yang penulis kemukakan bahwa adanya pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen dalam membeli kartu selular simpati di kota Samarinda dapat diterima.


Keywords


Brand image,keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari, 2000, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, Alfabeta, Cetakan Keempat.

………….,2002, Pengantar Bisnis, Bandung, Cetakan kedelapan, Alfabeta.

Assauri Sofyan,1992, Manajemen Pemasaran, Jakarta, Rajawali.

…………,2004, Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.

Efendy Rustam, 2000, Dasar-dasar Manajemen Modern, Malang, Edisi Ketiga, Penerbit Fekon Universitas Brawijaya.

Hasan Iqbal, 1999, Pokok-pokok Materi Statistik 2, Jakarta, Bumi Aksara, X.

Indiro Gito S,1999, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Cetakan ke-5.

Kotler Philip, 1991, Manajemen Pemasaran, Jakarta,Jilid ke satu, Edisi Kelima, Erlangga.

…………,2006, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta, Edisi keenam, Erlangga.

Ruslan Rosady, 2003, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.

Simamora, 2000, Manajemen Pemasaran Internasional, Jakarta, Jilid 2, Salemba empat.

Sumarni Murni, 1998, Pengantar Bisnis, Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan, Yogyakarta.

Swastha Basu DH dan Irawan, 1997, Asas-asas Marketing, Yogyakarta, Cetakan ketiga, Liberty.

……………, 2002, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta, Cetakan ke 8, Liberty.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i2.2830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.