Analisis pengaruh kualitas pelayanan dinas pasar terhadap kepuasan pedagang di pasar Citra Niaga Samarinda

Rizky Hendra Prawira

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dinas pasar terhadap kepuasan pedagang di Citra Niaga Samarinda.

            Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah non probability sampling  yaitu purposive sampling. Alat analisis yang dipergunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t.

            Persamaan regresi linier berganda dari kelima variabel bebas dan satu variabel terikat adalah Y=a+b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + e

            Dari hasil analisis uji F diperoleh F hitung > F tabel (2.943 > 2.422), hal ini menunjukkan hipotesis pertama yaitu “pelayanan staff pegawai UPTD Citra Niaga Samarinda berupa tangible, responsiveness, reliability, emphaty dan assurance mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pedagang di Citra Niaga Samarinda” berpengaruh secara signifikan atau diterima.

            Dari hasil uji t diperoleh bahwa nilai masing – masing variabel, tangible dengan t hitung -0.853 < t tabel 1.676, responsiveness dengan t hitung 2.123 > t tabel 1.679, reliability dengan t hitung -0.911 < t tabel 1.679, emphaty dengan t hitung = 2.359 > t tabel 1.679, assurance t hitung 1.647 < t tabel 1.679 yang tidak semua variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang.

            Diantara kelima variabel kualitas pelayanan diketahui hanya variabel responsiveness dan emphaty lah yang paling berpengaruh secara signifikan yang ditunjukkan dari hasil analisis koefisien korelasi sebesar 2.123 dan 2.359.


Keywords


pelayanan, kepuasan.

Full Text:

PDF

References


Dwi Priyatno, (2008). Mandiri belajar SPSS. Yogyakarta, Mediakom.

Freddy Rangkuti. 2011. Riset Pemasaran.Cetakan ke 10. Jakarta : Percetakan PT. Gramedia

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis multivariate dengan SPSS, Cetakan keempat, Badan penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Erlangga, Jakarta.

___________, dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

__________ . 2009. Manajemen Pemasaran. (Terjemahan oleh Bob Sabran MM) Edisi 13 Jilid 1& 2 Jakarta: Erlangga.

Septi Winarsih, Atik & Ratminto. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta :Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v6i2.2835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.