PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI KARYAWAN TIRTA MAHAKAM DI BUKUAN

Bayu Hidayat -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Koperasi Karyawan Tirta Mahakam pada tahun 2015 lebih baik dari pada tahun 2014 jika diukur dengan menggunakan metode balanced scorecard.

Dasar teori yang digunakan adalah Akuntansi Manajemen dengan menggunakan alat analisis balanced scorecard.

Hipotesis penelitian ini yaitu ‘‘Kinerja Koperasi Karyawan Tirta Mahakam pada tahun 2015 lebih baik dari pada tahun 2014 jika diukur dengan menggunakan metode balanced scorecard ’’.

Kinerja perspektif keuangan dilihat dari ROA kinerjanya dinilai kurang hal ini menunjukan kemampuan koperasi untuk menghasilkan laba dari total asetnya menurun dan ROE dinilai baik hal ini ditunjukan pada kemampuan koperasi untuk memperoleh laba dari total ekuitasnya mengalami peningkatan. Perspektif pelanggan pada customer acquisition dan customer retention kinerjanya baik hal ini ditunjukan pada tingkat akuisisi dan retensi yang mengalami peningkatan. Perspektif proses bisnis internal dilihat dari kinerja karyawan dapat dinilai baik hal ini ditunjukan pada tingkat kesalahan karyawan dalam memberikan layanan dan respond time persentase mengalami penurunan. Perspektif pembelajaran  dan pertumbuhan dilihat dari produktivitas karyawan kinerja karyawan dinilai baik hal ini ditunjukan pada peningkatan pendapatan usaha koperasi dari jumlah karyawan yang ada.

Berdasarkan hasil kesimpulan diatas maka hipotesis yang dikemukakan kinerja Koperasi Karyawan Tirta Mahakam pada tahun 2015 lebih baik dari pada tahun 2014 jika diukur dengan menggunakan metode balanced scorecard diterima.

Keywords


Kinerja, balanced scorecard

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamaruddin, 2005, Akuntansi Manajemen ; Dasar-dasar Konsep Biaya

Dan Pengambilan Keputusan, Jakarta ; Raja Grafindo.

Baridwan, Zaki, 2001, Intermediate Accounting, Edisi Ketujuh, Cetakan Keenam, BPFE, Yogyakarta.

Halim, Abdul, dan Bambang Supomo, Akuntansi Manajemen, 2001, , Edisi

Lima BPFE, Yogyakarta.

Horngren, Sundem, Stratton, 2002, Introduction to Management Accounting,12

th edition, New Jersey :Pentice-Hall International Inc.

Kaplan. Robert S dan David Norton. 2000, Balanced Scorecard: Menerapkan

Strategi Menjadi Aksi.

Munawir S, 2002, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan

Kedelapan Liberty, Yogyakarta.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Keuangan Sektor Publik. Yokyakarta : Andi.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk

Pelipat ganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Edisi kedua. Jakarta :Salemba empat.

. 2007, Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen,Salemba

Empat,Jakarta.

Rivai, Vethzal dan Basri. 2003, Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk

Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.

Jakarta :PT. Raja GrafindoPersada

Tunggal Amin Wijaya, 2001, Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard

Harvarindo, Jakarta.

Umar Husain, 2002, Strategic Management In Action, Cetakan Kedua, Gramedia,

Pustaka Utama, Jakarta.

Yuwono Sony, EdiSukamo, dan Muhammad Ichsan. 2002. Petunjuk Praktis

Penyusunan Balanced Scorecard, cetakan pertama. Jakarta :PT.Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, Al. Haryono, 2001, Dasar-Dasar Akuntansi, Edisi Keenam, STIE YKPN,

Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i2.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.