PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, MORALITAS INDIVIDU, KESESUAIAN KOMPENSASI, DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA DEALER DAIHATSU SAMARINDA

Eri Rasi Rasidik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat indikasi kecenderungan kecurangan akuntansi terhadap peningkatan pendapatan dealer Daihatsu tahun 2015. Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah  Asimetri informasi,  Moralitas Individu, Kesesuaian Kompensasi , dan Pengendalian  Internal.  Berdasarkan pada latar belakang masalah maka rumusan masalah dalam penelitian ini : apakah variabel-variabel tersebut secara individu dan bersamaan  berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada dealer Daihatsu Samarinda.  Kecenderungan Kecurangan Akuntansi merupakan motivasi seseorang dalam melakukan kecurangan atau fraud relatif bermacam-macam.  Penelitian ini menggunakn data primer yang terjun langsung ke lapangan, dengan menggunakan alat analisis uji validitas, uji normalitas, multikolenieritas, heteroskedastisitas, dan regresi berganda serta uji f dan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel asimetri informasi, kesesuaian kompensasi , dan pengujian secara bersamaan menemukan indikasi kecenderungan kecurangan akuntansi yang dapat menjadi bahan kajian untuk perusahaan.


Keywords


Asimetri Informasi, Moralitas Individu, Kesesuaian Kompensasi, Pengendalian internal , Kecenderungan Kecurangan Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Alison, 2006, Fraud Auditing (bagian pertama dari dua tulisan) http://www.reindo.co.id

Aliyudin, Rizal Sukma, 2015, Pengaruh moralitas individu dan pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.

Ghozali, Imam, 2005, Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali, Imam, 2011, Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hanifa, Septia Ismah, 2015, Pengaruh Fraud Indicators terhadap Fraudulent Financial Statment. (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listed di BEI tahun 2008-2013)

Krisdayanthi, Astrid, 2015, Interaksi Moralitas Individu dan Kesesuaian Kompensasi pada Kecurangan Akuntansi. (Studi Eksperimen pada Pemerintah Kota Denpasar)

Mahardani, Dania Fitri, 2014, Pengaruh pengendalian intern terhadap pencegahan kecurangan (fraud) (Studi kasus pada PT. X Bandung)

Meliana, Fransiskus Randa, 2009, Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, Asimetri Informasi, Ketaatan Aturan Akuntansi dan Moralitas Manajemen terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.

Pramesti, Getut, 2015, Kupas Tuntas data Penelitian Dengan SPSS 22, PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia

Shintadevi, Prekanida Farizqa, 2015, Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi dan Kesesuaian Kompensasi terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dengan Perilaku Tidak Etis sebagai Variabel Intervening pada Universitas Negeri Yogyakarta.

Sholihah, Dwi Westi, 2014, Pengaruh Financial Stability, External Pressure, Personal Financial Need, dan Financial Target Dalam Konsep Fraud Triangle Menurut Sas No. 99 yang Diproksikan dengan Rasio Keuangan terhadap Kecurangan Laporan Keuangan.

Triasmara, Rr Rani Mayangsari, 2014, Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern, Kesesuaian Kompensasi dan Asimetri Informasi terhadap Kecenderungan Kecurangan pada PT Telekomunikasi Indonesia, tbk.

Umar, Husein,. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Widodo .T, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Surakarta LPP UNS dan UPT penerbitan dan Percetakan UNS

Wilopo, 2006, Analisis Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap Kecenderungan kecurangan Akuntansi. (Studi pada Perusahaan Publik dan Badan Usaha Milik Negara)

Www. Daihatsu.co.id diakses pada tanggal 21 Januari 2016




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i3.2874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.