ANALISIS PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA METUN SAJAU TANJUNG PALAS TIMUR KALIMANTAN UTARA

Junita Junita Junita

Abstract


Peranan kepala desa selaku pimpinan organisasi pemerintah desa terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas perangkat desa sangat penting, sehingga kinerja pegawai akan semakin baik namun kinerja pegawai dalam menjalankan operasional desa banyak sekali pengaruhnya yang membuat pegawai kurang memberikan kinerja terbaiknya. Untuk dapat meningkatkan Kinerja Pegawai dalam sebuah organisasi atau perusahaan, maka dibutuhkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan Kinerja itu sendiri. Adapun faktor-faktor tersebut adalah kompensasi, lingkungan kerja dan komunikasi yang baik.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan komunikasi terhadap kinerja pegawai?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan komunikasi terhadap kinerja pegawai.

Populasi adalah seluruh pegawai kantor desa Metun Sajau dan sampel penelitian sebanyak 30 orang pegawai dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh dan signifikan antara komunikasi terhadap Kinerja Pegawai, sehingga Ho ditolak dan  ada pengaruh tetapi tidak signifikan antara kompensasi terhadap Kinerja Pegawai, serta ada pengaruh tetapi tidak signifikan antara lingkungan kerja terhadap Kinerja Pegawai sehingga Ho diterima.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi pihak pemerintah untuk selalu meningkatkan kompensasi, memperbaiki lingkungan fisik di kantor Desa Metun Sajau dan selalu mempertahankan  komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.


Keywords


Kompensasi, Lingkungan Kerja, Komunikasi, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Arep, Nugraha, Ari. 2009. Manajemen Keuangan Teori. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Daft, Richard L. 2009. Manajemen. Alih Bahasa : Edward Tanujaya dan Shirly Tiolina. Jakarta: Salemba Empat.

Fajar, Siti Al dan Tri Heru. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Dasar Meraih Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Guritno dan Waridin. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Luthans, F. 1992. Organizational Behavior. 8th edition. New York: The McGraw-Hill Co., Inc

Notoadmojo, S. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: rineka cipta.

Sihombing, AG. 2008. Manajemen Kinerja – Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Simanjuntak, T. 2008. Organisasi dan Manajemen. Bandung. Alfabeta.

Sofyandi, Herman, dan Garniwa. Iwa, 2007. Perilaku Organisasi, Edisi I, Cetakan Pertama. Jakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, cetakan ke-23. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v6i3.3047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.