Pengaruh marketing mix terhadap keputusan membeli Minuman isotonik pocari sweat di CV.Yova Bersaudara Samarinda
Abstract
ICUK RICHI WIJAYANTO, Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Membeli Minuman Isotonik Pocari Sweat di CV.Yova Bersaudara Samarinda, di bawah bimbingan Ibu Elfreda dan Ibu Umi Kulsum.
Dengan semakin meningkatnya perkembangan perekonomian mengakibatkan timbulnya perusahaan-perusahaan baru, pada akhirnya akan menimbulkan berbagai permasalahan sehingga perlu upaya peningkatan pemasaran melalui variabel yang terdapat di dalam marketing mix.
Permasalahannya adalah Apakah variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli minuman isotonik pocari sweat di CV.Yova Bersaudara Samarinda dan Faktor mana yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan membeli.
Tujuannya adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan membeli minuman isotonik pocari sweat di CV.Yova Bersaudara Samarinda.
Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS versi 19.00. Adapun populasi yang diperoleh sebanyak 100 responden dan diambil sampel menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 50 responden.
Hasil uji F ( uji serentak ) diperoleh F hitung = 19,021 > F tabel = 2,61 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti secara serentak variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli sehingga hipotesis pertama diterima. Hasil uji t ( uji parsial ) faktor harga yang mempunyai pengaruh paling besar dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan t hitung = 3,960 > t tabel = 1,68 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis kedua ditolak.
References
Assauri Sofjan, 2009, Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan strategi, Cetakan Kesembilan, PT.RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Cannon Joseph, Perreault William, McCarthy Jerome, 2008, Pendekatan Manajerial Global, Edisi Enam Belas, Salemba Empat, Jakarta.
Kotler Philip, Amstrong Gary, 2008, Principles Of Marketing, Edisi Dua Belas, Prentice Hall-Inc, USA.
__________, 2000, Marketing Management, Analysis, Planning and Control, Prentice Hall-Inc, USA.
__________, 2007, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Satu, PT.Prenhallindo, Jakarta.
Radiosunu, 2000, Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis, Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Sentono Prawiro Sujadi, 2000, Manajemen Produksi dan Operasi, Cetakan Tiga, Bumi Aksara, Jakarta.
Sigit, Soehardi, 2001, Pemasaran Praktis, Cetakan Pertama, Balai Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Stanton J. William, 2001, Fundamental Of Marketing, Four Edition, Mc. Graw Hill, Book Company, Inc London.
__________, 2002, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Erlangga, Jakarta.
__________, 2003, Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Sumarni, M, 2006, Manajemen Pemasaran Bank, Liberty, Yogyakarta.
Supranto, J, 2003, Metode Ramalan Kuantitatif untuk Perencanaan, PT.Rineka Cipta, Jakarta.
Swastha DH. Basu dan Irawan, 2001, Azas-Azas Marketing, Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta.
__________, 2002, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
__________, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Liberty, Yogyakarta.
Umar Husein, 2007, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT.Gramedia, Jakarta.
Wijaya, Irawan Farid dan Sudjoni, M. N, 2003, Pemasaran Prinsip dan Kasus, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v2i1.310
Refbacks
- There are currently no refbacks.