PENGARUH KOMPENSASI LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PERMATA FINANCE TBK DI SAMARINDA

Budi Hartono -

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah variabel kompensasi langsung dan tidak langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Permata Finance Tbk di Samarinda, dari kedua variabel, manakah yang berpengaruh signifikan

Dari analisi korelasi berganda di dapat nilai R sebesar 0,725 artinya bahwa adanya pengaruh yang kuat antara kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung terhadap produktivitas kerja karyawan adalah kuat. Untuk koefisien determinasi di peroleh angka sebesar 0,526. Artinya kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung memiliki pengaruh sebesar 52,6% terhadap produktivitas kerja sedangkan 47,4 % produktivitas kerja dipengaruhi oleh variabel lain.

Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 12.739 dengan Ftabel sebesar 3,42 karena Fhitung > Ftabel dengan demikian H1 diterima dan menolak Ho, dan hal ini juga dibuktikan dengan probabilitas Fhitung 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikatakan, kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.

Sedangkan uji t untuk kompensasi langsumg (X1) di peroleh nilai t hitung sebesar 4.296 sedangkan t table sebesar 1.7709, dengan demikian t hitung >  t tabel . maka menerima Hi dan menolak Ho, hasil perhitungan SPSS juga menunjukkan bahwa probabilitas untuk kompensasi langsung sebesar  0,000 < 0,05. Karena mempunyai angka signifikan di bawah 0,05 berarti kompensasi langsung yang dalam penelitian ini terdiri dari gaji pokok, insentif dan bonus memberikan pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Sedangkan untuk kompensasi tidak langsung (X2) diperoleh t hitung sebesar -3.475 dan t tabel sebesar 1.7709 dengan angka signifikansi 0,000 < 0,05. Maka menerima Hi dan menolak Ho. Artinya variabel kompensasi tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Dari kedua variabel bebas yaitu kompensasi langsung dan tidak langsung diatas terlihat bahwa variabel kompensasi tidak langsung sangat berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Permata Finance Tbk di Samarinda.

Keywords


Kompetensi, Produktivitas Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Anaroga, Pandji. 2001. Psikologis Kerja, Rineka Cipta, Jakarta

Mangkunegara, Anwar Prabu 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Panjaitan W, 2003. Hukum Perburuhan Di Indonesia, Medan, Kali Desa.

Simamora, Henry, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, STIE- YKPN, Yogyakarta.

Sinugun, Muchdarsyah, 2001. Produktivitas apa dan bagaimana, PT. Bina Aksara, Jakarta.

Tohardi, Ahmad, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Mandar Maju, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i3.3188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.