ANALISIS PENILAIAN KINERJA PADA PT. ANTARMITRA SEMBADA CABANG SAMARINDA

Rudiansyah - -

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Antarmitra Sembada Cabang Samarinda periode tahun 2014 - 2015 berdasarkan analisis rasio Likuiditas dan Profitabilitas pada laporan keuangannya. Sedangkan permasalahan yang dikemukakan adalah Apakah kinerja keuangan pada PT. Antarmitra Sembada Cabang Samaarinda Periode tahun 2014 - 2015 ditinjau dari aspek Likuiditas dan Profitabilitas mengalami penurunan.

Objek penelitian ini adalah PT. Antarmitra Sembada Cabang Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi selama dua tahun, dari tahun 2014 dan tahun 2015.

Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akuntansi manajemen kelanjutannya tentang kinerja likuiditas dan profitabilitas.hipotesis penelitian “Diduga bahwa kinerja keuangan PT. Antarmitra Sembada selama periode 2014 – 2015 mengalami penurunan dilihat dari rasio likuiditas dan rasio profitabilitas”.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rasio likuiditas yang terdiri dari Perhitungan Current Ratio, Quick Ratio dan Cash Ratio dan Rasio profitabilitas yang terdiri dari Net profit margin, Return on asset  (ROA) dan Return on Equity (ROE).

Setelah dilakukan analisis dengan melakukan perhitungan rasio keuangan berupa rasio likuiditas dan rasio profitabilitas dimana secara keseluruhan indikator rasio mengalami penurunan di tahun 2015 dibanding tahun 2014.

Hasil penelitian berdasarkan analisis rasio keuangan yang dilakukan  dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan perusahaan PT. Antarmitra Sembada Cabang Samarinda mengalami penurunan pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2014.

Keywords


Kinerja, Likuiditas, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting, Edisi 8, BPFE, Yogyakarta.

Harahap.2003. Analisis Kritis Laporan Keuangan, Edisi 1, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hansen, Don R. dan Mowen , Maryanne M. 2004. Akuntansi Manajemen, Edisi tujuh, Salemba Empat, Jakarta.

Ikhsan Arfan dan Dharmanegara Ida Bagus Agung. 2010. Akuntansi dan Manajemen Keuangan Rumah sakit, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kamaruddin ahmad. 2005. Akuntansi Manajemen, Edisi Empat, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Munawir, S. 2001. Analisis Laporan Keuangan, Liberty, Yogyakarta.

. 2004. Analisis Laporan Keuangan, Liberty, Yogyakarta.

Riyanto Bambang. 2004. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Empat, , Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Sawir Agnes, 2003, Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Cetakan 3, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v6i3.3193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.