PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS

Indah Haristyawati -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Likuiditas (CR) terhadap Profitabilitas (ROI) (2) mengetahui pengaruh Solvabilitas  (DER) terhadap Profitabilitas (ROI) (3) mengetahui pengaruh Likuiditas (CR) dan Solvabilitas  (DER) secara bersama-sama terhadap Profitabilitas (ROI).

            Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 16 perusahaan Sub Sektor Leasing yang terdaftar di BEI periode 2010-2015. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 5 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang di dapatkan dari Annual Report. Pengujian Asumsi Klasik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heteroskedastisitas, uji Autokorelasi. Tekhnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan tekhnik Analisis Regresi Linier Berganda.

            Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Likuiditas (CR) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROI). Mempunyai arti bahwa kenaikan Likuiditas akan diikuti kenaikan profitabilitas perusahaan. Hal ini dibuktikan oleh nilai Dari hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda didapatkan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,000. Dari perhitungan uji secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar -0,318 dan ttabel 2,051. Karena -0,318 <  ttabel 2,051. H1 ditolak. Maka hipotesis pertama tidak terbukti.  (2) Solvabilitas (DER) berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROI). Mempunyai arti bahwa penurunan Debt To Equity Ratio akan diikuti penurunan profitabilitas perusahaan. Hal ini dibuktikan oleh nilai Dari hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda didapatkan nilai koefisien (b) sebesar -0,007. Dari perhitungan uji secara parsial diperoleh nilai  thitung  sebesar -1,360 dan ttabel  2,051, karena -1,360 < 2,051 Sehingga H2 ditolak. (3) Likuiditas (CR) dan Solvabilitas (DER) secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROI) dibuktikan dengan nilai hasil dari uji F diatas dapat diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 0,979 dengan tingkat signifikan sebesar 0,389. Nilai Ftabel pada tingkat kepercayaan 5% dengan df1 = 2 dan df2 = 30, maka di dapat Ftabel = 3,32. Karena nilai Fhitung 0,979 < Ftabel 3,32. Sehingga H3 ditolak. maka hipotesis ketiga tidak terbukti.

Keywords


Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Ghozali, 2010. Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : BPFE

, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponogoro : Semarang

Kasmir, 2010. Yogyakarta. Analisis laporan keuangan, Raja Grafindo Persada.

, 2012. Jakarta. Analisis laporan keuangan, Raja Grafindo Persada.

L.M. Samryn. 2012. Akuntansi Manajemen. Jakarta : Kencana

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kaulitatif dan R&B. Bandung Alfabeta

Sutrisno. 2008. Manajemen Keuangan Teori, Konsep & aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Keenam. Yogyakarta : Ekonisia

Syafri. 2008. Analisis kritis atas laporan keuangan. Jakarta. Raja grafindo persada.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v6i3.3200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.