PENGARUH SIZE, PROFITABILITY DAN LAVERAGE TERHADAP VALUE OF FIRM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015.

Faramita Robin Jonathan Mardiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui  pengaruh Ukuran Perusahaan (SIZE), Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham baik secara parsial maupun simultan pada Perusahaan Manufaktur tahun 2013-2015.

 

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dari tahun 2013 – 2015. Teknik pengambilan sampelnya purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 105 perusahaan. Jenis datanya adalah sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda.

 

Hasil analisis dengan menggunakan regresi berganda menunjukkan bahwa : (1) Size berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. (2) ROA berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham(3)DER tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham (4) Size, ROA dan DER secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham.


Keywords


: SIZE, ROA, DER, Harga Saham.

Full Text:

PDF

References


Brigham, E. F. dan Houston J. F., 2010, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Jilid 1, Edisi Sebelas, alih bahasa : Ali Akbar Yulianto, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Ghozali, Imam. 2009. Analisis Multivariate dengan SPSS. Edisi III Universitas Diponegoro. Semarang.

Sartono, Agus. 2011. Manajemen Keuangan : Teori Dan Aplikasi. Edisi Keempat. Cetakan Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Setiawan, R., 2011, Pengaruh Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Price toBook Value Ratio Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Universitas Semarang, Semarang.

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i1.3330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.