ANALISIS PROFITABILITAS DAN TINGKAT PENGEMBALIAN EKUITAS PADA KOPERASI CREDIT UNION DAYA LESTARI SAMARINDA

Siti Maryam Maryam

Abstract


Penilaian profitabilitas dan tingkat pengembalian ekuitas koperasi dapat diukur dari berbagai sisi yang meliputi masalah permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, peningkatan, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan dan jati diri koperasi.

Dasar teori pada penelitian ini yaitu, akuntansi manajemen, laporan keuangan, macam-macam laporan keuangan, klasifikasi analisis laopran keuangan, analisis ( Du Pont ), koperasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profitabilitas dan tingkat pengembalian ekuitas pada tahun 2015 dan 2014 yang dilakukan oleh koperasi Credit Union Daya Lestari Samarinda. Du Pont adalah analisa yang menggabungkan rasio-rasio aktivitas dan margin keuantungan atas penjualan untuk menunjukan bagaimana rasio-rasio tersebut berinteraksi untuk menentukan profitabilitas aktiva-aktiva yang dimilki perusahaan. Dalam melakukan analisis tersebut maka dibutuhkan data yang siap untuk diolah. Data yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah laporan keuangan koperasi tahun 2014-2015 dan laporan laba rugi tahun 2014-2015. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakini analisis Du Pont untuk mengukur Profitabilitas dan analisis Retrun On Equity untuk mengukur tingkat pengembalian ekuitas Pada koperasi Credit Union Daya Lestari


Keywords


Profitabilitas, ROE

Full Text:

PDF

References


Henry Simamora. 2012. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Jusup, Haryono. Al. 2003. Dasar-dasar Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sofyan, Syafri, Harahap, 2007. Teori Akuntansi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Edisi Revisi

Sutrisno, Drs. 2001. Manajemen Keuangan.Yogyakarta: EKONISIA

http://www.credituniondayalestri.org diaskes pada tanggal 9 febuari 2017




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i1.3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.