Analisis Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Samarinda,

Indah Mufidatun Nisa

Abstract


Rumusan Masalah Yang Digunakan pada penelitian ini adalah Apakah produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli sepeda motor Yamaha, dan variabel manakah yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli keputusan membeli sepeda motor Yamaha. Sedangkan manfaatnya untuk mengetahui pengaruh variabel marketing mix dan Teknologi secara bersama-sama terhadap keputusan membeli sepeda motor Yamaha serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap pembelian keputusan membeli sepeda motor Yamaha di Samarinda. 

Hasil analisis berdasarkan program SPSS versi 22 persamaan regresi diketahui nilai persamaan regresinya yaitu : Y = -888 +144X1 +148X+070 X3 + -,033 X4 +424X5. nilai tersebut maka dapat diketahui seluruh nilai persamaan tersebut adalah positif. Nilai konstan sebesar 888 berarti keputusan membeli sepeda motor merek Yamaha akan tetap ada.

Nilai korelasi yaitu sebesar 531 yang menggambarkan hubungan antara variabel bebas terhadap variabel tidak bebas, dan nilai determinasi sebesar 282 (28%) yang menggambarkan proporsi pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas. Yang berarti setiap penambahan nilai 153 variabel bebas akan memberikan kontribusi sebesar 28% pada variabel tidak bebas (variabel keputusan membeli).

Uji F hitung yang digunakan untuk melihat pengaruh seluruh  variabel bebas terhadap variabel terikat, dari tabel 5.23 diketahui bahwa nilai f hitung sebesar 6,682 dengan tingkat signifikasi sebesar .000 < 0,05 (5%) dari df 5 (85) dapat diketahui nilai F tabel yaitu 2,2211, dengan demikian bahwa F hitung > F tabel dengan pengujian hipotesis adalah Ho ditolak dan Ha diterima.

Analisis uji t digunakan untuk melihat masing-masing pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas adalah: Variabel teknologi (X5) diketahui nilai t hitung sebesar 4.099 dengan signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 (5%) dengan nilai koefisien beta sebesar 422 dari df 5 (85) dapat diketahui nilai t tabel yaitu sebesar 1,0021 dengan demikian bahwa t hitung > t tabel dengan pengujian hipotesisnya adalah Ho diterima dan Ha ditolak.  


Keywords


Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan, 2010. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta

Daryanto, 2011, Manajemen Pemasaran, Penerbit PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung

Kottler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi kedelapan, Jilid Ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Schiffman Dan Kanuk, 2004, Manajemen Pemasaran Internasional, Edisi Ketiga, Jilid 2, Penerbit Salemba empat, Jakarta.

,Manajemen Pemasaran Moderan, Edisi Kedelapan, Jilid Sembilan, Penerbit Liberty, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i1.3371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.