ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI DASAR PERENCANAAN KEUANGAN PADA PT. DAYA ANUGRAH MANDIRI DI SAMARINDA

Siti Siti Andri yani Siti Andri yani

Abstract


SITI ANDRI YANI, Fakultas Ekonomi 17 AgustusĀ  1945 Samarinda Anggaran Penjualan Sebagai Dasar Perencanaan Keuangan pada PT. Daya Anugrah Mandiri di Samarinda

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas peranan angaran penjualan motor honda jenis scoopy PT. Daya Anugrah Mandiri di Samarinda sebagai dasar perencanaan keuangan disusun berdasarkan anggaran penjualan yang sistematis didalam perencanaan keuagan.

Rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode least Square atau metode kuadrat terkecil dengan menggunkan analisis trens garis lurus (linear) sebagai berikut:

Perencanaan keuangan PT. Daya Anugrah Mandiri di Samarinada yang disusun dari anggaran penjulan motor honda jenis scoopy secara sistematis efektif digunakan, karena dilihat dari tabel 15 dimana rasio realisasi penjualan terhadap target penjualan berada di atas 90% yang dilihat dari bulan Juni dengan hasil 143%, bulan Juli dengan hasil 154%, bulan Agustus dengan hasil 164%, bulan September 175% dan bulan Oktober dengan hasil 185% penjualan motor honda jenis scoopy selama bulan Juni sampai bulan Oktober tahun 2015. Anggaran penjualan motor honda jenis scoopy sebagai dasar perencanaan keuangan PT. Daya Anugrah Mandiri selama bulan Juni sampai bulan Oktober tahun 2015 adalah efektif digunakan, ini dapat dilihat dari rasio realisasi penjualan terhadap target penjualan berada di atas 90% dengan demikian hipotesis yang diajukan daam penulisan ini adalah diterima.


Keywords


Anggaran Penjualan, Perencanaan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Achmad Tjahjono dan Sulastiningsih. 2004. Akuntansi Pengantar Pendekatan Terpadu Buku 1. Yogyakarta: UUP AMP YKPN

Munandar, M 2000. Budgeting ( Perencanaan kerja, Pengengkoordinasian Kerja, Pengawasan Kerja), edisi ke 1, cetakan ketigabelas. Yogyakarta: BPFE.

Nafarin, M. 2009. Penggaran Perusahaan, edisi ke 3. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rudianto.2009. Penganggaran Konsep dan Teknik Penyusunaan Anggaran. Jakarta: Erlangga.

Sunyoto,MM, Dadang. 2012. Budgeting Perusahaan. Yogyakarta: CAPS

Samryn, L.M. 2002. Akuntansi Manajerial Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Soepardi, Eddy Mulyadi. 2006, Memahami akuntansi keuangan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yadiati, Wiwin. 2007. Teori Akuntansi : Satu Pengantar, edisi ke 1, cetakan kedua, jakarta: Kencana Prenada Media Grup




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v7i1.3419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.