PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2015

Norfathul Norfathul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh yang signifikan variabel Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015 (2) mengetahui pengaruh yang signifikan  variabel Total Asset Turnover (TATO) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015 (3) mengetahui pengaruh yang signifikan variabel Debt To Equity Ratio (DER) dan Total ASSET turnover (TATO) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015.

Populasi yang digunakan dari penelitian ini adalah perusahaan pertambahan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan pemilihan sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel tersebut adalah sebanyak 16 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang diperoleh merupakan data sekunder. Pengujian asumsi klasik yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastitas dan uji autokorelasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap ROE pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015. (2) Total Asset Turn Over (TATO) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROE pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015. (3) Sementara  secara simultan Debt to Equity Ratio (DER)  dan Total Asset Turn Over (TATO)  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Retrun on Equity (ROE) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2015.


Keywords


: Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turn Over (TATO) dan Return On Equity (ROE).

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung:Badan Penerbit Alfabeta

Harahap, Sofyan Syafri. 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Prastowo, Dwi dan Rifky Julianty. 2008. Analisis Laporan Keuangan : Konsep dan Aplikasi. Edisi Kedua. Yogyakarta:Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Sutrisno. 2007. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta:Ekonisia




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i1.3459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.