EVALUASI KINERJA PEMASARAN GAS ELPIJI (LPG) PADA TOKO SINAR JAYA DI SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Evaluasi Kinerja Pemasaran Gas Elpiji (LPG) Pada Toko Sinar Jaya di Samarinda dibawah bimbingan Ibu Ec. Elfreda Aplonia Lau dan Ibu Titin Ruliana
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pemasaran pada Toko Sinar Jaya tahun 2014 dan 2015, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh langsung pada Toko Sinar Jaya dan sumber-sumber lain yang mendukung seperti : arsip, dokumen dan keterangan tertulis yang ada hubungan dengan penelitian ini.
Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah akuntansi manajemen, kinerja pemasaran. rumusan masalahnya melakukan evaluasi kinerja pemasaran. Hipotesis kinerja pemasaran pada toko sinar jaya pada tahun 2014-2015 mengalami peningkatan, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini efisiensi biaya pemasaran dan Net Profit Margin
Hasil analisis menunjukan bahwa Toko Sinar Jaya telah melakukan pengendalian biaya pemasaran. Efisisensi biaya pemasaran tahun 2015 lebih kecil dari tahun 2014 dengan total persentase pada tahun 2014 mendapatkan 4,63% dan pada tahun 2015 dengan persentase 4,29%, berdasarakan hasil kinerja profitabilitas yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM) menunjukan bahwa pertumbuhan profitabilitas pada Toko Sinar Jaya Samarinda semakin meningkat, hal ini menunjukan kemampuan Toko Sinar Jaya dalam menghasilkan laba. dengan persentase tahun 2014 sebesar 20.6% dan pada tahun 2015 meningkat menjadi 30.7%
Hasil penelitian ini diterima efisiensi biaya pemasaran pada tahun 2015 lebih kecil dari tahun 2014.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. Suharsimi dan Abdul Jabar. Cepi Safrudin. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. PT. Bumi Aksara : Jakarta
Darsono Prawironegoro. 2007. Akuntansi Manajemen. Edisi 2. Mira Wacana Media. : Jakarta
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran : Yogyakarta
Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. PT. Rajagrafindo Persada : Jakarta
Sawir. Agnes. 2004. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran, Hasil–Hasil Pertanian, Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Tuti Karitorini. 2001. Analisis Efisiensi Biaya Pemasaran Berdasarkan Daerah Pemasaran Pada Perusahaan Kacang Shanghai Suling Mas di Tulung Agung. Skripsi. FE. Universitas Jember
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i2.3504
Refbacks
- There are currently no refbacks.